Corona Di Indonesia Menyentuh Angka 137 Ribu Kasus!

Beritaaktual.net – Kasus positif virus Corona (Covid-19) di Indonesia hingga hari ini, Sabtu (15/8) mencapai 137.468 kasus setelah adanya penambahan 2.345 kasus baru.

Dari jumlah tersebut, 91.321 di antaranya dinyatakan telah pulih dan 6.071 meninggal dunia. Data diambil dari situs covid19.go.id pada pukul 16.00 WIB.

Berdasarkan data terakhir, kasus pasien yang sembuh hari ini meningkat 1.701 orang, sedangkan pasien yang meninggal dunia bertambah 50 orang.

Penularan virus Corona terus terjadi di berbagai lapisan masyarakat. Pemerintah juga terus menyampaikan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak saat beraktivitas di tempat umum.

Sejauh ini, pemerintah belum mencabut pembatasan sosial skala besar (PSBB). Hal tersebut dilakukan sejumlah daerah untuk menekan laju penularan virus corona.

Presiden Jokowi juga telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020. Dalam Perpres tersebut, diatur sanksi bagi mereka yang melanggar protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona.

Presiden Jokowi juga meminta pemerintah daerah untuk melibatkan TNI dan Polri dalam mengawal pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, Inpres Nomor 6 Tahun 2020 sengaja mengatur soal sanksi. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan agar masyarakat mendapat efek jera jika telah melanggar protokol kesehatan.

“Supaya masyarakat memiliki efek jera untuk mematuhi protokol kesehatan,” kata Tito dalam siaran persnya saat melakukan kunjungan kerja ke Rejang Lebong, Bengkulu, Kamis (6/8).