Menyusuri Pesona Alam Sulawesi Tersembunyi di Gorontalo

Berita Aktual, Berita Travel – Provinsi Gorontalo adalah Provinsi ke 32 yang ada di Indonesia, dibentuk pada tanggal 5 Desember 2000. Provinsi ini terletak di Pulau Sulawesi, dan beribukota di Gorontalo. Berbicara tentang potensi wisata, Gorontalo yang mendapat julukan “Serambi Madinah” ini ternyata memiliki objek wisata yang sangat beragam dan menarik untuk dikunjungi.
Inilah beberapa tempat wisata di Gorontalo yang menarik para wisatawan untuk datang berkunjung kesana.

1. Pulo Cinta


Pulo Cinta merupakan sebuah pulau yang terletak di Teluk Tomini, Gorontalo. Menurut legenda, pulau ini adalah lokasi pertemuan rahasia antara Pangeran Gorontalo dengan putri saudagar dari Belanda. Pulau ini diberi nama “Pulo Cinta” karena terdapat gundukan pasir putih menyerupai bentuk hati di tengah-tengah pulau. Pulau ini juga seringkali disebut-sebut sebagai Maldives-nya Indonesia.
Untuk menuju ke tempat ini kalau kamu berasal dari luar kota, silahkan pesan tiket pesawat menuju Gorontalo. Selanjutnya setelah tiba di Gorontalo, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobil menuju Pantai Bolihutuo. Dari Gorontalo ke Pantai Bolihutuo menempuh perjalanan sekitar 2 jam, selanjutnya dari pantai ini kamu bisa naik boat menuju ke Pulo Cinta. Perjalanan dengan boat ini hanya memakan waktu sekitar 15 menit.

2. Pantai Bolihutuo


Boalemo yang terletak di pesisir teluk Tomini memiliki banyak sekali pantai yang indah. Salah satunya, Pantai Bolihutuo yang merupakan destinasi wisata terpopuler Gorontalo. Pantai ini terletak sekitar 130 km dari kota Gorontalo, dan dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan darat melalui jalur trans sulawesi.
Pemandangan di pantai Ini tak kalah bagusnya dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Pasir putih di sepanjang pantai dikelilingi oleh belasan pohon pinus raksasa yang memberikan keteduhan, serta suasana sejuk dan tenang di sepanjang bibir pantai. Para wisatawan seringkali terpukau oleh pesona keindahan alam di pantai ini.

3. Taman Laut Olele


Sesuai dengan namanya, Taman Laut Olele menawarkan keindahan pemandangan dalam laut Teluk Tomini yang menakjubkan. Cukup mudah menuju Olele yang berjarak hanya 20 kilometer dari pusat kota Gorontalo, kamu bisa menggunakan speedboat dari pelabuhan Gorontalo langsung menuju ke Olele.
Keunikan yang dimiliki Taman Laut Olele adalah bunga karang bernama Salvador Dali Sponge yang hanya bisa ditemukan di tempat ini. Di kedalaman dua meter, hamparan koral sudah bisa terlihat dengan jelas. Selain Taman Laut Bunaken, Olele adalah juga menjadi salah satu surga bawah laut di pulau Sulawesi.

4. Pantai Botubarani


Pantai ini terletak di perairan Desa Botubarani di kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Disini anda bisa merasakan sensasi berenang atau member makan hiu paus. Tenang saja, walaupun namanya hiu, tapi hiu paus ini jinak banget kok. Hiu paus ini tidak menyerang manusia karena mereka hanya makan plankton ataupun ikan – ikan kecil saja. Akan tetapi ada satu hal yang harus anda ingat, melihat hiu paus ini hanya bisa dilakukan di waktu – waktu tertentu saja. Karena hewan ini suka berpindah tempat.

5. Pulau Saronde


Pulau indah ini terletak di Kecamatan Ponelo, Gorontalo Utara. Pantainya memiliki pasir putih yang bersih dan luas menghampar, serta air laut dipulau ini berwarna yang jernih dan kebiruan sehingga pulau ini seringkali dibandingkan keindahannya dengan Maldives.
Pulau Saronde terkenal sebagai salah satu tempat yang menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang indah. Pulai ini juga menjadi salah satu spot snorkeling terbaik, karena memiliki perairan yang jernih serta ekosistem biota laut yang beraneka ragam.
Ternyata Gorontalo memang memiliki keindahan alam yang luar biasakan!!!makanya walaupun letaknya jauh di sebelah Utara Pulau Sulawesi , akan tetapi anda tidak akan menyesal datang berkunjung ke sana.