Pesona Indonesia, Berwisata di Pasar Terapung Budaya Urban Khas Kalimantan

Berita Aktual, Berita Travel – Banjarmasin adalah tempat terbaik untuk merasakan pengalaman budaya urban khas Kalimantan. Terletak di daratan persimpangan sungai Barito dan Martapura, Banjarmasin dengan kota Banjarbaru, saat ini menjadi pusat kota metropolitan terbesar ke-9 di Indonesia.

Sejak dulu hingga kini, Banjarmasin merupakan kota pelabuhan terpenting di pulau Kalimantan. Bagaimana tidak, kota ini punya banyak aliran sungai yang luas yang telah menjadi rumah bagi orang Banjar (etnis asli Banjarmasin) sejak dahulu kala. Hingga kini,  Sobat Pesona dapat menemukan pasar terapung dimana para petani dan pedagang menjajakan hasil bumi mereka di atas kapal tiap pagi. Atraksi utama kota ini adalah wilayah pinggiran kota yang dilintasi oleh kanal-kanal, tempat sebagian besar perdagangan kota ini berlangsung di atas air.

Pasar terapung yang paling terkenal adalah Pasar Terapung Muara Kuin yang terletak di atas Sungai Barito. Di pasar terapung, Sobat Pesona bisa mengamati lalu lintas segala jenis perahu yang mengangkut pisang, udang, ikan, ubi, bayam, kelapa, rempah-rempah, cabai, hingga rambutan dan buah apapun sesuai dengan musimnya. Transaksi di atas perahu antar pedagang menjadi pemandangan sehari-hari jika berkunjung ke tempat ini.

Menuju ke Banjarmasin

Jalur Udara

Terdapat banyak penerangan setiap harinya menuju bandara Syamsuddin Noor (BDJ) Banjarmasin dari kota-kota di Indonesia termasuk dari Jakarta, Surabaya, Bandung, Balikpapan, Sampit, dan Pangkalan Bun. Bandara ini hanya berjarak 26 km dari Banjarmasin, atau sekitar setengah jam dari kota ini. Untuk menuju ke Kota Banjarmasin, Sobat Pesona dapat menggunakan moda transportasi umum yaitu taksi (dengan tarif tetap) atau bisa juga menggunakan jemputan dari hotel tempat menginap Sobat Pesona.

Menggunakan Kapal Laut

Alternatif lain menuju Banjarmasin adalah menggunakan kapal dari berbagai pelabuhan di Indonesia ke pelabuhan utama di Banjarmasin yang bernama Trisakti. Perjalanan laut akan memakan waktu sekitar 2 hari dan 2 malam, berangkat Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Juga tersedia kapal feri dari Semarang dan Surabaya. Ada 2 jadwal kapal feri setiap 2 hari yang berangkat dari Surabaya ke Banjarmasin. Perjalanan dari Surabaya menuju Banjarmasin memakan waktu 21 jam.

Jika Sobat Pesona memiliki masalah dengan asap rokok, moda transportasi kapal feri bukanlah pilihan yang tepat karena penumpang diperbolehkan merokok di area tidur. Pokoknya, harap berhati-hati ya Sobat Pesona!

Menggunakan Bus

Banyak bus umum yang berasal dari Balikpapan menuju ke Banjarmasin yang bisa Sobat Pesona gunakan dengan menempuh waktu perjalanan lebih dari 14 jam.

Melalui Sungai

Atau, jika Sobat Pesona berangkat dari provinsi tetangga yaitu Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, ada banyak kapal dan perahu yang tersedia untuk Sobat Pesona sewa mengarungi sungai di Kalimantan agar perjalanan semakin seru dan menantang. Tak perlu bingung, jika Sobat Pesona ingin menggunakan jenis kendaraan lain, berbagai jenis transportasi air juga tersedia disini, mulai dari perahu tradisional hingga speedboat.