Rasakan Keindahan Bawah Laut Bunaken

Berita Aktual, Berita Travel – Bunaken merupakan sebuah pulau dengan luas 8,08 km² yang terletak di Teluk Manado, sebelah utara dari Pulau Sulawesi. Bunaken juga merupakan bagian dari kota administratif Manado. Taman laut yang ada di sekitar Bunaken adalah bagian dari Taman Nasional yang juga mencakup lautan di sekitar Pulau Manado Tua, Siladen dan Mantehage. Taman Laut Bunaken adalah surga bagi berbagai macam biota laut yang unik dan penuh warna. Bahkan, di sini Anda bisa melihat “putri duyung” nyata, lho! Nah, untuk mencapai taman ini, Anda bisa naik perahu motor dari Manado yang memakan waktu sekitar 40 menit.

Surganya Perairan

Jernihnya air laut di perairan Bunaken memungkinkan Anda dapat melihat dengan jelas ragam biota laut yang ada di dalamnya. Terdapat 13 jenis terumbu karang yang didominasi oleh tebing-tebing karang. Pemandangan yang paling menarik adalah terumbu karang curam vertikal sedalam 25-50 meter. Pemandangan dalam laut pun semakin semarak dengan kehadiran 91 jenis ikan yang ditemukan di Taman Laut Bunaken, diantaranya Ikan Kuda Gusimi (Hippocampus), White Oci (Seriola rivoliana), Lolosi Ekor Kuning (Lutjanus kasmira), Goropa (Ephinephelus spilotoceps dan Pseudanthias hypselosoma), Ila Gasi (Scolopsis bilineatus) serta jenis ikan lainnya. Saat menyelam, Anda juga akan menemukan beberapa jenis moluska seperti Giant Kima (Tridacna gigas), Kambing Kepala (Cassis cornuta), Nautilus (Nautilus pompillius) dan Tunikates atau Ascidian.

Bagi Anda yang menyukai aktivitas menyelam, Bunaken adalah tempat yang paling tepat. Dengan sekitar 20 titik penyelaman, Anda akan berkesempatan untuk berenang di bawah laut, sambil bermain-main dengan riang bersama biota laut yang ada.  Mayoritas aktivitas menyelam dilakukan di dekat Bunaken dan Manado Tua, karena dua tempat tersebut memiliki banyak situs yang bagus dan menarik. Tembok Lekuan I, II, III merupakan tembok panjang di Bunaken yang menjadi titik-titik penyelaman terbaik di Taman Laut Bunaken.

Tebing yang curam ditandai dengan celah-celah karang yang dalam dan hiasan karang lunak dan porifera raksasa menjadi tempat yang sering didatangi oleh biota laut langka seperti ikan kakatua, ikan Napoleon, serta kura-kura. Anda dapat menjelajahi beberapa pulau terdekat menggunakan kapal. Namun, berjalan kaki mengelilingi pulau juga sama mengesankannya.

Berkeliling

Anda dapat menjelajahi beberapa pulau menggunakan kapal saat akan pindah dari satu tempat penyelaman ke tempat penyelaman lainnya. Namun, berjalan kaki mengelilingi pulau juga tak kalah mengesankannya, lho!

Akses Menuju Ke Bunaken

Pulau Bunaken dapat dijangkau dengan mudah menggunakan perahu motor dari Manado. Anda dapat berangkat dari pelabuhan Manado, Molas, Kalasey, dan Pantai Tasik Ria. Kapal Feri dari Manado ke Bunaken berangkat setiap hari sekitar pukul 14:00 (tergantung ombak), kecuali pada hari Minggu yang biasa berangkat dari Pasar Jengki dekat pelabuhan Manado. Untuk perjalanan kembali pulang ke Manado, biasanya kapal berangkat pagi sekitar pukul 07.00 atau 08.00 waktu setempat. Tersedia pula kapal sewaan yang berangkat pagi hari dan pulang menjelang sore hari sebagai alternatif kendaraan. Namun, biasanya kapal ini disediakan sebagai paket wisata yang dikelola oleh hotel atau agen travel.