Sungguh Cerdik Penangkapan Indra Budiman, Polri Bekerja Sama Dengan AS Untuk Tukar Buron

Beritaaktual.NetMarkas Besar Kepolisian Nasional bekerja sama dalam pertukaran dua kasus buron penipuan dan korupsi di AS dengan buron dari seorang warga AS yang berada di Bali.

Kepala Biro Informasi Publik Divisi Humas Polisi Brigjen Pol. Awi Setiyono mengatakan pada konferensi pers online pada hari Rabu bahwa Layanan Marshall AS (USMS) membantu repatriasi Indra Budiman dan Sai Ngo NG sebagai imbalan untuk Marcus Beam.

Indra Budiman, yang ditangkap oleh USMS di California, telah berada dalam daftar orang yang dicari di Interpol sejak 4 Juni 2018 atas permintaan Direktorat Investigasi Kriminal Kepolisian Jakarta untuk penipuan dan pencucian uang.

Sementara itu, Sai Ngo NG telah berada di daftar orang yang dicari di Interpol sejak 17 September 2018 atas penyerahan Kantor Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta mengenai kasus-kasus korupsi yang terjadi pada 2011-2012. Dia ditangkap di Texas pada 31 Oktober 2019.

Selanjutnya, bagi Marcus yang memasuki Indonesia menggunakan paspor palsu bernama De Mario Corner, Divhubinter Polri, atase Kedutaan Besar Indonesia di Washington, DC dan Kepolisian Bali menyelidiki keberadaan tersangka dalam kasus penipuan investasi dan menangkapnya pada hari Kamis (7) / 23) di Badung, Bali.

Awi Setiyono mengatakan bahwa dia saat ini menjalani penahanan sementara selama 20 hari sejak 24 Juli 2020 di Penjara Kepolisian Bali.

“Pada saat penangkapan, tersangka ditemukan bersama dengan rekannya yang kemudian ditahan di Kepolisian Daerah Bali dalam kasus produksi konten porno,” jelasnya.