Yamaha Rilis Replika Motor Moto GP Fabio Quartararo, Seharga Rp 801 Juta!

Beritaaktual.net – Yamaha Motor Europe (YME) dan Yamaha Austria Racing Team (YART) GYTR Pro Shop resmi meluncurkan replika YZR-M1 edisi terbatas milik tim Petronas Yamaha SRT pada Jumat (21/8). Motor ini akan dijual untuk para pecinta balap dan pecinta motor MotoGP.

Unit ini merupakan replika dari motor yang digunakan oleh pebalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Quartararo saat ini memimpin klasemen MotoGP 2020 dengan 67 poin, unggul 11 poin dari Andrea Dovizioso (Ducati) di posisi kedua.

Motor ini direkayasa oleh YART dengan menempatkan komponen kelas satu pada motor produksi massal R1 agar mendekati spesifikasi M1. Ubahan yang dilakukan antara lain di bagian carbon fairing, winglet, plus seragam Petronas Yamaha SRT dari pemasok resmi di MotoGP.

Selain itu motor ini juga dibekali dengan suspensi balap Ohlins yaitu FGRT 2 di depan dan TTX di belakang. Steering damper khusus balap dan kit knalpot dari tim pabrikan Yamaha juga dipasang untuk menunjang performa dan tampilan.

Sisi pengereman ditopang oleh Brembo yang menyediakan kaliper GP4-RX dan cakram T-Drive. Sedangkan ban slick yang dipasok Michelin menutupi pelek palang tujuh dari Marchesini.

Diketahui hanya ada 46 unit replika yang dibuat, untuk merayakan ulang tahun ke-46 Petronas. Setiap unit memiliki tanda identifikasi unik yang terukir di segitiga (top yoke).

Pernyataan resmi YME tidak menjelaskan harga unit replika ini, namun Visordown memprediksi sekitar 46 ribu euro (Rp 801 juta) mengikuti angka ’46’.

Selain mendapatkan motor yang mendekati spesifikasi motor Quartararo, pembeli replika ini akan mendapatkan paket kompensasi berupa helm KYT, kaos polo tim Petronas Yamaha SRT, dan kesempatan memiliki tiket VIP untuk menonton seri MotoGP.