Nissan Akan Konfirmasi Girboks Manual di Fairlady Z Baru

Berita Otomotif – Pada hari ini, mobil baru dengan girboks manual semakin susah untuk ditemui. Makin banyak orang memilih transmisi otomatis karena penggunaannya lebih mudah, tidak perlu injak pedal kopling. Teknologi transmisi otomatis kini pun jauh lebih maju, lebih kuat, lebih tangguh dan lebih efisien selama 20 tahun terakhir. Jika dulu mobil bertransmisi otomatis biasanya sedikit lebih pelan dan lebih boros dari yang manual, sekarang justru yang otomatis lebih unggul.

Poin-poin berikut adalah beberapa alasan transmisi manual mulai ditinggalkan. Hal ini terjadi di hampir semua jenis mobil, baik itu mobil biasa hingga mobil sport. Ferrari dan Lamborghini benar-benar sudah berpaling dari transmisi manual, sementara Aston Martin dan Porsche masih bertahan dengan menawarkan pilihan manual. Mobil-mobil seperti BMW M3 dan M4, Honda Civic Type R, Mazda MX-5 dan Toyota 86 masih ada manualnya juga.

Kubu mobil bertransmisi manual nantinya akan bertambah satu lagi dengan Nissan Fairlady Z baru. Mobil yang akan debut dalam beberapa hari lagi sebagai mobil konsep Nissan Z Proto sudah menampilkan video baru yang menampilkan sedikit hal penting. Pertama, terlihatnya transmisi manual 6 percepatan yang makin hari makin langka, sesuai topik awal kita. Pastinya nanti ada pilihan transmisi otomatis, tapi senang rasanya jika masih diberikan pilihan mau otomatis atau manual.

Hal kedua adalah terlihatnya tuas rem tangan tradisonal, bukan elektrik seperti mobil modern kebanyakan. Buat yang masih percaya dengan kekuatan otot bisepnya saat menarik rem tangan, ini akan jadi poin plus. Beberapa mobil kencang merek Jepang seperti Honda Civic Type R dan Toyota GR Supra saja sudah beralih ke rem parkir elektrik, sementara Nissan Z Proto memilih cara tradisional. Siip lah kalau begini.

Berikutnya, ada beberapa logo “Z” klasik seperti yang terlihat di konsol tengah dekat persneling. Video singkat Nissan juga menjadi media agar kita bisa mendengar raungan mesin Nissan Z Proto. Seperti spekulasi sebelumnya, mesinnya bisa jadi 3.000 cc V6 twin turbo dengan tenaga sekitar 400 hp dan torsi 475 Nm. Tenaga 400 hp itulah yang konon bakal jadi nama mobil ini nanti, Nissan 400Z di samping nama aslinya yakni Nissan Fairlady Z.