Pesona Indonesia Keindahan Pulau Halmahera

Berita Aktual, Berita Travel – Terpencil Pulau Halmahera disebut juga Gilolo atau Jailolo adalah pulau terbesar di Maluku (Maluku), berbentuk K hampir seperti miniatur Sulawesi. Dengan pantai berpasir putih, hutan yang masih alami dan Gunung Mamuya yang spektakuler di kejauhan, pulau ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Ini adalah lanskap berbukit-bukit dan pegunungan dan sebagian besar pulau masih tertutup hutan.

Kegiatan paling populer di pulau ini melibatkan menjelajahi perairannya yang indah. Berselancar di Pantai Dorume yang terkenal dengan ombaknya yang besar, terutama di bulan Desember; yang merupakan waktu terbaik bagi peselancar untuk berkunjung. Bersamaan dengan ombaknya yang besar, daya tarik di sini adalah pasir pantai yang sangat halus yang tampak berkilauan di bawah sinar matahari karena mengandung butiran logam. Nikmati pemandangan di Talaga Biru yang damai, yang secara harfiah berarti Telaga Biru. Ini adalah kolam alami kecil dengan air sebening kristal, terletak di dekat desa Mamuya di distrik Galela.

Berkeliling

Bemo (becak / becak bermotor), mikrolet (minibus biru), bentor (kendaraan bermotor), ojek, dan becak adalah transportasi darat yang umum di Pulau Halmahera.

Kesana

Ada beberapa cara untuk mencapai Pulau Halmahera. Halmahera tidak memiliki bandara yang cukup besar. Sebagian besar lalu lintas udara datang melalui bandara ibu kota provinsi Bandara Sultan Babullah di Pulau Ternate. Dari sini, Anda dapat mengambil perjalanan singkat ke Bandara Galela di Pulau Halmahera dekat Tobelo.

Ada kapal pesiar yang mengunjungi Halmahera. PELNI melayani beberapa alternatif pelayaran ke Ternate dua kali sebulan. Liner ini akan transit di beberapa kota seperti Semarang (Jawa Tengah), Surabaya (Jawa Timur), Makassar (Sulawesi Selatan) dan Bitung (Sulawesi Utara). Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan speedboat ke Kota Baru selama kurang lebih 45 menit, atau Anda bisa naik kapal feri dari Pelabuhan Feri Bastiong yang akan memakan waktu dua jam. Keduanya akan membawa Anda ke Sofifi (Halmahera).