Pesona Indonesia, Pantai Soge Pacitan, Pantai Yang Cantik di Tepi Jalur Lintas Selatan Jawa

Berita Aktual, Berita Travel – Pantai pasir putih yang indah di tepi pantai menjadi pemandangan yang cukup langka. Biasanya pantai pasir putih lokasinya cukup tersembunyi. Akan tetapi, pemandangan semacam itu bisa ditemukan di pantai Soge Pacitan.

Kabupaten Pacitan memang memiliki deretan pantai – pantai pasir putih yang indah di area pesisir selatan. Namanya seperti pantai klayar, buyutan, kasap, dan watu karung menjadi beberpa contoh pantai – pantai yang indah di Pacitan. Keberadaan pantai Soge semakin melengkapi deretan pesona keindahan di pesisir selatan Pcaitan.

Pantai Soge juga bisa menjadi tempat wisata bagi anda yang ingin mengeksplor keindahan pantai di kota yang memiliki julukan kota 1.001 Gua. Pantai Soge tepatnya yang berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jarak dari kota pacitan sekitar 30 meter dengan waktu tempuh berkendara kurang lebih 1jam.

Keindahan pantai di tepi jalan

Untuk menuju pantai Soge dari kota pacitan bisa ditempuh melalui jalur lintas selatan. Jalan ini juga bisa digunakan jika hendak menuju Trenggalek atau Tulungagung Via Pacitan. Menjelang sampai kawasan pantai Soge, hamparan pasir putih dan laut biru akan tampak begitu meawan dai jalan. Memang jalan yang dilalui berada di kawasan bukit sebelah barat pantai.

Hal itu memang membuat keindahan pantai Soge dapat disaksikan dengan cukup jelas dari sana. Spot – spot favorit pengunjung salah satunya ada di tengah jalan menuju ke pantai tersebut.

Memang berfoto dengan latar belakang keindahan pasir putih dan birunya air laut pantai Soge akan menyajikan jepretan yang menawan dan instagramable. Saat akhir pekan atau hari libur, pengunjung yang hendak berfoto di tengah jalan harus berhati – hati karena kendaraan yang melintas akan cukup banyak.

Pantai pengemudi kendaraan juga diimbau melambatkan laju dan berhati – hati ketika melewati pantai ini karena wisatawan yang berfoto di tengah jalan.

Pantai pasir putih yang dikelilingi perbukitan

Wisatawan juga dapat menelusuri Pantai Soge. Bibir pantai cukup panjang sehingga pengunjung bisa menjelajah sampai ke arah timur. Nantinya di sisi timur, terdapat hulu sungai yang mengalir dari kawasan perbukitan sisi utara. Hilir sungai yang bertemu lautan menjadi salah satu obyek foto yang Instagramable di Pantai Soge.

Meski indah, wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang atau bermain air terlalu ke tengah. Hal itu karena ombak di Pantai Soge yang cukup besar. Terdapat beberapa bendera merah yang ditancapkan di atas pasir putih sebagai penanda batas wilayah aman. Pengunjung pun diimbau untuk tidak bermain melebihi batas yang telah ditentukan tersebut. Jika ingin berenang atau bermain air, pengunjung bisa melakukannya di semacam danau alami yang merupakan aliran sungai sebelum berakhir di lautan.

Kawasan pasir putih yang luas membuat pantai ini pas untuk berbagai aktivitas seperti bemain sepak bola. Selain itu, berkemah atau camping menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di sini. Bahkan, jika perjalanan ditempuh dari tempat yang cukup jauh seperti Solo atau Yogyakarta, pengunjung lebih baik berkemah atau menginap di Kota Pacitan. Hal itu mengingat jarak tempuh yang cukup jauh untuk sampai ke Pantai Soge dan demi keamanan selama berkendara.