Menikmati Keindahan Pasir Putih di Pantai Gapang

Berita Aktual, Berita Travel – Jika Anda berkunjung ke Pulau Weh, rasanya tidak akan pernah cukup waktu yang tersedia untuk menikmati keindahan seluruh pantainya. Menjelajahi setiap jengkal pantai di pulau kecil di ujung Barat Indonesia ini, seakan tidak akan pernah habis keunikan yang akan Anda temui. Satu diantaranya yang telah dikenal di kalangan backpacker di seantero dunia adalah Pantai Gapang yang letaknya lebih ke Selatan dari Pantai Iboih.

Gapang memiliki ombak yang lebih keras dibandingkan dengan Iboih. Hal ini disebabkan karena Pantai Gapang langsung berhadapan dengan laut lepas, sedangkan Iboih posisinya terhalang Pulau Rubiah. Selain itu, jumlah kapal milik masyarakat yang tertambat di pinggir pantai lebih sedikit dari Iboih. Hal ini menjadikan Gapang sebagai tempat yang cocok bagi mereka yang berminat untuk belajar berselancar.

Seperti juga Iboih, Pantai Gapang memiliki air yang jernih. Sejauh mata memandang, kita bisa melihat indahnya biru laut lepas yang diterpa sinar matahari. Keindahan pemandangan pantai ini terlihat semakin jelas jika diamati dari dermaga yang terletak tidak jauh dari gerbang masuk. Melihat hamparan pantai pasir putih yang dihiasi pepohonan yang rimbun di sisinya, menghadap ke laut lepas yang membiru di bawah sinar matahari merupakan pengalaman yang sulit tergantikan.

Dari tengah dermaga, kita dapat melihat dengan jelas karang di dasar air. Menerawang ke dalam air yang transparan ini, kita dapat melihat hewan-hewan air yang berkeliaran di dalamnya. Pada siang menjelang sore hari, ribuan ikan kecil bermunculan secara berkelompok. Ikan-ikan ini terlihat indah saat bergerak harmonis dalam koloninya, mengikuti arus yang membawa mereka. Di tepian dermaga, terdapat sekelompok kecil hewan sejenis ikan yang bernafas dengan paru-paru dan menempel vertikal di batuan.

Jika beruntung, kita juga dapat melihat ikan-ikan yang menjadi inspirasi karakter dalam film ‘Finding Nemo’ atau ‘Patrick’ si Bintang Laut dalam serial ‘Spongebob Square Pants’. Jika kita berada di musim yang tepat, dari Gapang juga dapat kita lihat Paus Hiu, Ikan Terbang (Gurnard), Ikan Kodok dan Pari Manta (Manta birostris). Melihat keindahan yang tersimpan disini, rasanya waktu sehari tidak akan cukup untuk bersantai dan menikmati indahnya Pantai Gapang.