Pesona Indonesia: Air Terjun Salu Dambu, Wisata Alami Tersembunyi Dari Mamasa

Berita Travel – Destinasi wisata Mamasa di Sulawesi Barat tidak hanya terkenal dengan kekayaan budaya dan keunikan tradisinya, tetapi juga memiliki banyak pesona wisata alam.

Salah satunya yang kini sedang ramai digemari oleh para wisatawan lokal yaitu tempat wisata Air Terjun Salu Dambu, terletak di Desa Banea, Sumarorong.

Dengan keunikannya yang dimilikinya, berada di puncak Pegunungan Quarles, Air Terjun Salu Dambu tidak hanya menawarkan pesona alam yang asri dan rindang, tetapi juga menawarkan air yang segar dan udara pegunungan yang sejuk.

Air terjun bertingkat ini nampak mengalir deras di sepanjang bebatuan bertingkat yang membentuk aliran sungai kecil melalui proses alami.

Salah satu pengunjung, Benyamin mengungkapkan, Air Terjun Salu Dambu merupakan salah satu dari berbagai wisata alam yang ada di Mamasa.

Pemandangan alamnya masih alami karena berada di puncak gunung yang indah. Ditambah, udaranya yang sejuk bisa membuat pengunjung merasa lebih rileks.

“Pemandangannya indah dan menakjubkan. Air terjunnya bertingkat. Saya kira tidak banyak di tempat lain,” jelas Benyamin.

Belakangan ini, air terjun Salu Dambu tengah menjadi primadona baru bagi para wisatawan, khususnya kaum milenial.

Wisatawan harus berjalan menyusuri hutan untuk menikmati dan mengabadikan keindahan pesona alam dan air terjunnya.

Tempat wisata Air Terjun Salu Dambu dapat diakses dengan menggunakan mobil atau motor selama empat jam perjalanan dari Jalan Poros Polewali-Mamasa.

Selanjutnya menuju Jalan Poros, Kecamatan Sumarorong-Nosu. Untuk sampai di lokasi, wisatawan perlu memarkir kendaraannya dan berjalan kaki selama dua jam menyusuri kawasan hutan belantara.
Namun perjalanan yang melelahkan akan terbayar saat Anda sampai di lokasi. Wisatawan langsung disambut dengan pemandangan air terjun bertingkat yang menakjubkan.

Suara air terjun, pemandangan alam yang masih asri dan hijau, serta sejuknya udara pegunungan bisa langsung menyegarkan pikiran.

Jika ingin berkunjung, patuhi aturan kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak minimal satu meter, gunakan hand sanitizer dan rajin cuci tangan, serta pastikan suhu tubuh normal di bawah 37,3 derajat Celcius.