Honda Indonesia : Tak Ada Model Baru Hingga Akhir Tahun

Berita Otomotif – Tahun 2020 adalah merupakan tahun yang cukup suram bagi industry otomotif Indonesia. Angka penjualan mobil di tanah air terjun bebas ketimbang tahun lalu yang menyebabkan proses produksi mobil terhambat. Hal ini menimpa salah satu nama terbesar di Indonesia yaitu Honda, dimana mereka menyatakan bahwa tidak ada perilisan mobil baru hingga akhir tahun 2020. Jadi apa yang terjadi pada Honda di Indonesia? Yuk kita bahas bersama lebih dalam lagi.

Honda Prospect Motor (HP) menyatakan bahwa mereka tidak berencana untuk merilis mobil baru hingga akhir tahun ini dikarenakan efek dari pandemic COVID-19. Mereka akan menunggu hingga kondisi pasar kembali stabil. Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & marketing Director HPM menyatakan bahwa Honda merilis sebuah model dengan mengikuti permintaan dan kondisi pasar. HPM menilai bahwa kondisi pasar belum stabil karena angka penjualan belum kembali normal seperti biasanya. HPM biasanya menjual sekitar 80.000 unit perbulan, akan tetapi sejak COVID-19 merajalela, angka tersebut terjun bebas menjadi 43.000.

Angka ini turun 49% ketimbang penjualan tahun 2019 lalu yang membuatnya hamper setara dengan angka penjualan mobil secara nasional. Yusak Billy menyatakan bahwa Honda tetap positif dan telah menentukan target untuk tetap menahan pangsa pasar pada angka 14,4%. Sangat disayangkan untuk mendengar salah satu pabrikan mobil terbesar di Indonesia tak akan merilis mobil baru hingga akhir tahun ini. Mobel terakhir yang mereka rilis adalah Honda Civic Hatchback Facelift pada bulan Februari lalu. Padahal kalau di perhatikan, rival Honda yaitu Suzuki dan Toyota sudah memiliki produk – produk di tahun ini.