Honda Rilis Dua Model Baru di Filipina, Indonesia kapan?

Berita Otomotif – Selama pandemi COVID-19, Honda di Indonesia memutuskan untuk tidak meluncurkan model baru hingga akhir tahun. Akan tetapi itu beda khasus untuk Honda Cars philipines (HCP), selaku distributor resmi Honda di Filipina. HCP baru saja merilis dua model baru untuk pasa Filipina yaitu All New Honda City dan New Honda CR-V. jadi apa saja yang ditawarkan kedua mobil baru Honda ini untuk Filipina? Ayuk mari kita bahas bersama.

Kita mulai dari Honda City dulu dimana generasi ke-5 dari compact sedan ini baru saja di rilis di Thailand & Malaysia, dan akhirnya mendarat di Filipina. Secara desain, Honda City terbarumendapatkan redesign dimana ia memperkuat identitasnya dengan fascia dan bagian belakang barunya yang lebih agresif. Hal baru lain untuk pasar Filipina adalah kehadiran varian RS CVT di mobil ini yang menjadi model tertinggi City. Secara fitur, teknologi Honda City sudah semakin lengkap dengan hal – hal seperti lampu depan LED dengan DRL, lampu kabut LED, AC digital, New Remote Start dan Multi Information Display(MID) meraksen merah.

Soal fitu keselamatan, Honda City sudah dilengkapi dengan semua fitur standar seperti Vehicle Stability Assist (VSA) dengan Agile Handling Assist (AHA), Emergency Stop Signal (ESS), Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Hill Start Assist (HSA), Airbags dan Power Door Locks with Speed Sensing Auto Lock. Jempol kepada Honda untuk kelengkapan fitur dalam Honda City terbarunya. Untuk sektor mesin, Honda City menggunakan mesin i-VTEC berkapasitas 1.500 cc yang menyalurkan tenaganya ke dua roda depan melalui transmisi CVT ataupun manual.

Sekarang kita bahas New Honda CR-V, dimana HCP meluncurkan varian ini secara virtual yang disiarkan lewat Facebook dan Youtube. Honda CR-V yang bisa dibilang minor update mendapatkan sepaket fitur keselamatan baru yakni Honda SENSING. Bagi yang belum tahu Honda SENSING adalah teknologi keselamatan Honda yang memiliki empat sistem yang bekerja secara sinkron untuk mengurangi resiko kecelakaan. Empat fitur tersebut terdiri dari Collision Mitigation Brake System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDM), Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Adaptive Cruise Control (ACC).

Honda CR-V minor update mendapatkan beberapa dandanan baru di eksteriornya seperti bumper depan yang didesain ulang, grille hitam baru dengan aksen chrome, velg 18 inci baru dan penambahan roof rail. Secara kenyamanan, Honda CR-V menawarkan hal-hal seperti infotainment system 7 inci yang kompatibel dengan Apple Car Play serta Android Auto, AC digital otomatis, wireless mobile charger, sistem navigasi, kursi elektrik delapan arah untuk pengemudi dan empat arah buat penumpang. Terakhir untuk sektor mesin Honda CR-V baru ini menawarkan dua opsi mesin. Pilihan pertama adalah mesin 1.600 cc i-DTEC Diesel Turbo menghasilkan 120 ps dan torsi 300 nm.

Semua tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 9 percepatan. Mesin kedua adalah mesin bensin 2.000 cc i-VTEC menghasilkan 154 ps dan torsi sebesar 189 nm yang menyalurkan tenaganya melalui transmisi CVT. Honda CR-V ini juga menawarkan penggerak roda depan dan AWD (All Wheel Drive). Bisa dibilang bahwa HCP melakukan hal yang benar dengan menyegarkan jajaran modelnya mendekati akhir tahun. Semoga Honda di Indonesia bakal mengenalkan model baru dalam beberapa waktu kedepan untuk menyegarkan lineup-nya.