3 Langkah Tepat Untuk Mencegah Panas Dalam Yang Menggangu Aktivitas Keseharian

3 Langkah Tepat Untuk Mencegah Panas Dalam Yang Menggangu Aktivitas Keseharian

Berita Aktual, Berita Kesehatan – Pada umumnya yang namanya nyeri tenggorokan dan juga sariawan seperti misalnya bibir pecah-pecah mungkin sering dianggap sebagai salah satu penyakit panas dalam yang cukup menjengkelkan. Biasanya seseorang ketika merasakan gejala ini dikarenakan faktor seringnya makan gorengan atau terlalu kelelahan dalam kesehariannya.

Lantas, lalu bagaimana agar kita merasa yakin bahwa yang kita alami saat itu merupakan panas dalam dan bukan sakit yang lain? Apakah Anda sendiri tahu apa itu artinya panas dalam?

Sebenarnya istilah dari kata panas dalam sebenarnya adalah suatu hal yang sering membuat orang salah kaprah. Panas dalam itu bukanlah penyakit, melainkan gejala dari namanya suatu penyakit. Dengan adanya kondisi dari tubuh yang mudah kelelahan, lalu ada gangguan pencernaan, gangguan tenggorokan, hingga kembali lagi kenamanya ketidakseimbangan hormon, dapat memicu terjadinya rasa panas di dalam tubuh Anda.

Di dalam dunia medis tidak ada yang dikenal sebagai istilah panas dalam. Hanya saja banyak orang yang sudah terlanjur menganggap serangkaian gejala yang timbul sebagai salah satu penyakit itu sendiri.

Untuk keluhan yang paling sering dijumpai biasanya seperti sariawan, bibir pecah-pecah, sakit gigi, badan pegal, sakit tenggorokan, diare, badan terasa mengeluarkan panas, sensasi terbakar di dada, mimisan, hingga disertai dengan buang air besar yang disertai darah.

Nah, nila Anda merasakan gejala ini, tentunya kita akan berusaha untuk segera mengobatinya dengan obat bebas yang ada di apotik ataupun yang ada di warung. Obat tersebut mungkin dapat mengurangi gejala yang dirasakan namun tidak dapat menghilangkan penyakit penyebabnya.

Sebenarnya tidak mengherankan bila gejala itu dapat terjadi berulang kali. Bagi yang mengalami gejala berulang kali, jangan menganggapnya remeh. Penting untuk segera bagi Anda memeriksakan diri ke dokter apabila masih tidak kunjung sembuh.

Berikut ini ada 3 langkah tepat untuk dapat mencegah yang namanya panas dalam, yakni diantaranya sebagai berikut :

1. Perhatikan jam makan
Terdengar sepele, namun Anda harus memastikan diri untuk tidak melewatkan jam makan Anda. Dengan adanya keterlambatan makan di jam yang tepat akan berdampak bagi kesehatan Anda , apalagi bagi mereka yang memiliki gangguan asam lambung. Telat makan sendiri dapat menimbulkan gangguan pada lambung ataupun naiknya asam lambung hingga ke daerah dada atau tenggorokan. Hal ini sering menyebabkan banyak orang merasa terkena gejala yang memiliki rasa sakit, perih, dan panas terbakar di tenggorokan ataupun dada.

2. Pilihlah menu makanan
Dalam mengkonsumsi makanan, Anda perlu cermat dalam menyeleksi makanan apa saja yang boleh untuk dimakan, jangan untuk seering memakan makanan yang digoreng dan kemudian hindari makanan yang terlalu pedas. Gorengan dan makanan yang pedas pada umumnya sering kali menyebabkan luka atau iritasi pada tenggorokan. Dengan adanya pradangan tersebut akan dapat menyebabkan munculnya gejala seperti misalnya sakit tenggorokan ataupun sariawan. Terlalu banyak makanan yang berminyak tentunya juga tidak baik untuk yang namanya kesehatan.

3. Rutin berolahraga
Gejala panas dalam dapat saja terjadi karena adanya sistem tubuh yang lemah sehingga dapat menyebabkan sakit tenggorokan ataupun sariawan. Dengan adanya olahraga menurut pihak penelitian dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membuat sistem kekebalan menjadi jauh lebih baik. Pastikan juga Anda dapat mengelola stres karena tekanan ini dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Dengan mengobati sumber permasalahan yang ada pastinya gejala-gejala yang disebut panas dalam akan sembuh. Naun apabila panas dalam masih belum berangsur baik, maka tidak ada salahnya bila Anda memeriksakan diri ke Dokter.

Related posts