Awas Hindari Penggunaan Pelampung Leher Pada Bayi Yang Berdampak Pada Kesehatan

Awas Hindari Penggunaan Pelampung Leher Pada Bayi Yang Berdampak Pada Kesehatan

Berita Aktual – Berita Kesehatan, Umumnya bayi akan terlihat sanga lucu ketika melakukan hampir semua hal, tapi perlu Anda pikirkan dua kali sebelum mencoba aktivitas baru lainnya seperti misalnya berenang dengan menggunakan pelampung pada leher bayi. Aktivitas seperti ini mungkin menggemaskan, tapi ternyata menurut para ahli mengatakan adapun alat bantu renang sebenarnya tidak boleh dipasangkan pada leher bayi.

Setiap pelampung sebenarnya berisi udara dan berpotensi untuk kempes, sehingga dapat membuat anak-anak berisiko tenggelam. “Untuk aktivitas ini dapat menjadi sebuah perangkap yang dapat mematikan. Pelampung yang dijahit tidak kencang bisa saja sewaktu-waktu kempes dan menyebabkan bayi Anda menjadi terluka,” ucap Kyran Quinlan yang merupakan mantan anggota American Academy of Pediatrics (AAP).

Awalnya pelampung leher bayi pertama kali mulai dipopulerkan sejak beberapa tahun yang lalu. Orang tua sekarang terlihat banyak menggunakannya untuk bayi di bak mandi, kolam renang dan bahkan “spa bayi”.

Perlu diketahui dengan mengenalkan air kepada anak-anak di usia yang muda memungkinkan mereka bergerak bebas dan bereksplorasi. Sementara yang lain setuju bahwa bayi dapat menikmati aktivitas air.

“Meskipun dengan penggunaan pelampung pada orang dewasa dapat membantu dalam mengusir masalah stres, ini tentunya bukan hal yang dibutuhkan oleh bayi secara fisik atau emosional. Aktivitas terisolasi ini benar-benar bertentangan dengan yang namanya esensi berenang bayi, yaitu kontak manusia. Akan jauh lebih baik bila bergaul dengan anak Anda sehingga mereka dapat menjelajahi air di lingkungan yang aman, santai, dan menyenangkan,” ucap anggota Asosiasi Guru Renang, Kayle Burgham dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari laman berita, pada Rabu (16/8/2017).

Dalam kondisi demikian sebenarnya Anda tidak perlu untuk menghindari kolam. walaupun AAP tidak merekomendasikan adanya program berenang bayi secara formal, namun Anda dapat dengan aman menikmati aktivitas air bersama dengan bayi Anda. Namun sangat penting untuk diingat, orangtua tetap harus selalu memperhatikan bayi mereka disekitar, tentunya hal ini sekaligus untuk menghindari gangguan yang dapat menarik perhatian sehingga Anda menjadi lengah.

dewasanya pelampung leher bayi adalah salah satu tren yang seharusnya dilewatkan oleh orangtua, karena tren ini tentunya dapat membahayakan buah hati Anda. Apabila Anda ingin melakukan tren ini maka carilah pelampung leher yang ringan dan tidak melukai bayi. Jangan pernah pula untuk meninggallan ataupun melepaskan bayi saat ketika menggunakannya.

Related posts