Bahas Jalinan Kerjasama Bersama Jokowi, Presiden JICA Takjub Dengan Pesatnya Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Bahas Jalinan Kerjasama Bersama Jokowi, Presiden JICA Takjub Dengan Pesatnya Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Berita Aktual, Berita Nasional – Shinichi Kitaoka yang merupakan salah satu Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) akhir-akhir ini baru mengunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Dalam acara pertemuan tersebut Turut juga didampangi oleh Menteri Keuangan yakni Sri Mulyani Indrawati. Pada pertemuan tersebut telah dibahas mengenai adanya kerja sama yang telah dilakukan sebelummnya antara Indonesia dengan JICA.

“Pada hari ini Bapak Presiden kita menerima kunjungan dari Presiden JICA Shinichi Kitaoka. Dalam pertemuan tersebut ada banyak sekali pembahasan kerja sama antara Indonesia dengan JICA,” ucap Sri Mulyani sewaktu ditemui di Kantor Presiden, Jakarta, pada Rabu (26/07/2017).

Dirinya menjelaskan bahwa JICA telah lama memberikan beberapa pendanaan atau yang tepatnya utang untuk proyek-proyek yang ada di Indonesia. Bahkan didalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai adanya evaluasi dari beberapa proyek yang memang sedari awal telah dibiayai pendanaanya oleh JICA.

“Tepatnya didalam pertemuan kali ini yaitu membahas mengenai evaluasi dari kemajuan beberapa proyek yang awalnya dilaporkan oleh Presiden JICA kepada Presiden Jokowi,” ungkap Sri.

Menurut penuturan Sri Mulyani, untuk pembahasan anatara Presiden Jokowi dengan Presiden JICA lebih cenderung fokus kepada tiga proyek yakni diantaranya kereta MRT Jakarta, Pelabuhan Patimban, dan juga mengenai Kereta Cepat Jawa Utara atau yang kerap disebut sebagai kereta kencang yang menghubungkan Jakarta-Surabaya.

“Presiden Jokowi sendiri juga meminta kepada JICA untuk terus mendukung beberapa prioritas dari proyek nasional seperti misalnya penyediaan air bersih dan juga pengelolaan limbah air kotor seperti misalnyasanitasi,” ucap dirinya.

Sementara terkait akan hal tersebut, Presiden JICA yakni Shinichi Kitaoka mengatakan bahwa dirinya sangat terkejut setiap kali bertandang ke Indonesia, khususnya dalam perkembangan ekonominya.

“Ini semua merupakan kunjungan kali pertama saya ke Indonesia sebagai presiden JICA, bisa dibilang saya telah berada di negara ini lima, enam kali di masa yang lalu. Nah hasilnya sungguh menakjubkan, setiap kali saya datang, saya merasa terkejut mengetahui perkembangannya terutama akan pesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini dibawah kepemimpinan Presiden Sekarang ini, Jokowi,” ungkap Shinichi.

Related posts