Bebas Dari Penjara, Firza Husein Siap Ungkap Kasus Habib Rizieq

bebas-dari-penjara-firza-husein-siap-ungkap-kasus-habib-rizieq

Berita Aktual, Berita Nasional Firza Husein pada akhirnya bisa hirup hawa fresh, sesudah Polda Metro Jaya mengabulkan surat permintaan penangguhan penahanannya.

Tetapi, tersangka masalah sangkaan makar itu tidak segera pulang ke tempat tinggalnya di Jalan Makmur, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Dia segera berkunjung ke tempat tinggal saudaranya sesudah keluar dari Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

” Lagi dirumah saudaranya. Tempat tinggal kerabatnya, sepupu bila tidak salah. Masihlah di daerah Jakarta Timur, kok, ” tutur pengacara Firza, Azis Yanuar, yang turut menjemput Firza di Mako Brimob, Kelapa Dua.

Firza pilih berkunjung ke tempat tinggal saudaranya itu untuk menangkan diri serta berkumpul berbarengan anaknya. Sebab, terkecuali keadaan kesehatannya alami penurunan, dia alami desakan psikologis.

” Agar psikologisnya normal dahulu. Juga agar dapat ngumpul sama anaknya yang perempuan dahulu, ” papar Aziz.

Tetapi, Aziz tidak tahu alamat saudara Firza. Sebab, selesai penandatanganan surat penangguhan penahanan, tim pengacara menyerahkan Firza pada pihak keluarganya. Yang pasti Firza tempat tinggal saudaranya masihlah ada di lokasi Jakarta Timur.

” Saya juga tidak tahu. Lantaran tempo hari kan saya simpan, saya kasih adiknya, sinyal tangan, sinyal tangan selalu dibawa adiknya. Pisahlah di Mako Brimob, ” ucap Azis.

Sesaat, ketua RT setempat mengatakan, tempat tinggal yang dihuni Firza itu sejatinya punya orangtuanya. Firza bukanlah lagi warga di permukiman itu.

” Bila Firza nya bukanlah warga saya, dia memang dari kecil tinggal disini, namun sejak sekolah dia telah tidak tinggal disini. Yang tercatat warga sini itu ayahnya H Husein Maskati sama ibunya Hj Balqis serta saudara perempuannya Fairuz, ” tutur Ketua RT 03 Mat Yasien, di tempat tinggalnya, Kamis 23 Februari 2017.

Yasien menyatakan tempat tinggal orang-tua Firza Husein itu sudah lama kosong, lantaran orangtuanya pergi ke Palu, Sulawesi Tengah, lantaran sakit. Tetapi, Yasien pernah sekian kali berjumpa adik Firza, yaitu Fairuz.

Alasan Penangguhan

Penahanan Firza Husein ditangguhkan mulai sejak Rabu sore 22 Februari 2017. Begitu, dia dengan cara automatis dipulangkan ke tempat tinggalnya sesudah 23 hari ditahan di Rutan Mako Brimob.

” Tempo hari telah kita acc (setujui) penangguhan penahanannya. Penahanannya telah kita tangguhkan tempo hari sore, ” tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis 23 Februari 2017.

Polisi mengatakan, argumen dikabulkannya permintaan penangguhan penahanan Firza berdasar pada subjektivitas penyidik. Pertama, pertimbangan keadaan kesehatannya.

” Satu diantaranya kesehatan juga, selalu kontrol (masalah makar) juga telah usai, ” papar Argo.

Penangguhan penahanan ini dapat dikabulkan karena pihak keluarga menanggung Firza bakal berlaku kooperatif. Walau tidak lagi ditahan, Firza tetaplah harus melapor.

Polisi juga tak kirim permintaan surat pencekalan untuk Firza ke Ditjen Imigrasi. Polisi setiap saat mungkin memanggil Firza bila ada info lain yang dibutuhkan berkaitan kasusnya.

” Bila kelak masihlah ada kekurangan ya di check lagi, kita tambahin, ” Argo menandaskan.

Sesaat, pengacara Firza, Azis Yanuar, mengakui memperoleh berita penangguhan penahanan dengan cara mendadak. Dia juga bergegas menuju Mako Brimob untuk menjemput Firza.

Firza yang diberitakan menanggung derita penyakit jantung koroner serta penyempitan pembuluh darah sepanjang ditahan itu, lebih dahulu melakukan kontrol kesehatan sebelumnya hirup hawa bebas.

” Semalam sebelumnya keluar di-check up dahulu, selalu keluar dibawa deh sama keluarga sekitaran jam 21. 00 WIB, ” tutur Azis sa.

Menurut Azis, tidak ada pergantian penting pada keadaan kesehatan Firza sepanjang ditahan ataupun sebentar mendekati penangguhan penahanan.

” Darahnya tinggi, 140/90, selalu kepalanya pusing, serta harus istirahat keseluruhan. (Di banding terlebih dulu) ya masihlah tetep sih, lantaran kan desakan batin, efek psikologis, ” papar Aziz.

Kelanjutan Kasus Chat Seks

Sepanjang ditahan di Rutan Mako Brimob, Firza Husein tidak cuma di check berkaitan masalah sangkaan makar, namun juga sekian kali di check sebagai saksi masalah chat sex yang disangka dengan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Lantas, bagaimana lanjutan penyidikan masalah chat sex sesudah Firza tidak lagi meringkuk di tahanan?

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono meyakinkan, status tersangka masalah sangkaan makar tetaplah menempel pada Firza walau tidak lagi ditahan. Wanita berhijab itu juga harus lapor.

” Penangguhan penahanan telah kita mengeluarkan tempo hari. Yang berkaitan harus lapor satu minggu sekali, ” tutur Argo di Mapolda Metro Jaya, Kamis 23 Februari 2017.

Argo juga meyakinkan sistem penyidikan perkara masalah chat sex tetaplah jalan. Penyidik setiap saat bisa memanggil Firza, bila dibutuhkan info penambahan berkaitan perkara itu.

” Bila kontrol kurang kelak bakal kita tambahin, sesaat telah cukup, ” Argo menandaskan.

Dihubungi terpisah, pengacara Firza, Azis Yanuar meyakinkan clientnya bakal berlaku kooperatif pada sistem hukum yang jalan. Firza siap di check sebagai tersangka sangkaan makar serta saksi masalah chat sex.

” Iya (termasuk juga masalah chat sex), siap kooperatif, ” ucap Azis.

Diakuinya bersukur atas penangguhan penahanan yang sudah disuruh mulai sejak pertama kalinya Firza ditahan. Selama ini, tim pengacara belum mempunyai gagasan meniti usaha hukum lain atas penetapan status tersangka, penangkapan, serta penahanan pada clientnya.

” Dari pertama kan kita tidak ada kemauan konfrontatif, tak ada tempuh usaha hukum alternatif lain yang memanglah mungkin saja pilihan. Lantaran kita anggap kita menghormati untuk membuka kebenaran, ” kata Azis.

Firza Husein dijemput paksa dari tempat tinggalnya di lokasi Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada Selasa 31 Januari 2017. Waktu itu juga, Firza segera ditahan serta di check sebagai tersangka sangkaan makar di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Kontrol Firza pernah terlambat karena keadaan kesehatannya mendadak drop. Mulai sejak waktu itu, tim pengacara ajukan permintaan penangguhan penahanan dengan argumen kesehatan clientnya.

Tetapi, permintaan penangguhan penahanan tidak kunjung direspons kepolisian. Penyidik bahkan juga pernah perpanjang saat penahanan Firza pada Senin 20 Februari 2017.

Sepanjang mendekam di Rutan Mako Brimob, Firza tidak cuma di check berkaitan masalah sangkaan makar. Sekian kali ia juga di check penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berkaitan masalah chat sex, yang disangka melibatkan dianya dengan pemimpin FPI Rizieq Shihab.

Dalam masalah chat sex, Firza masihlah di check dalam kemampuannya sebagai saksi. Belum ada tersangka dalam masalah pornografi ini, walau perkaranya telah naik ke step penyidikan.

Sesaat, Rizieq Shihab terlebih dulu menyanggah tudingan ada chat sex dengan Firza Husein, yang pernah mengedar di media soial. Menurutnya, chat sex itu fitnah pada dianya.

Salam Admin By Vijay Semoaga Berita Ini Bermanfaat.

Related posts