Beberapa Hal Yang Tidak Terduga Soal Mobil Kepresidenan

beberapa-hal -yang-tidak-terduga-soal-mobil-kepresidenan

Berita Aktual, Berita Nasional Mobil Kepresidenan jadi fokus perhatian akhir-akhir ini. Tidak cuma masalah kecangihan, mobil itu rupanya sering mogok. Yang lebih mengambil alih perhatian, nyatanya satu dari delapan mobil kepresidenan masihlah dipakai bekas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

Mercedes Benz S600 Pullman Guard itu diambil mengikuti aktivitas presiden mulai sejak masa SBY. Mobil itu dibeli pemerintah pada 2007 serta aktif dipakai pada 2008.

SBY pernah ajukan perubahan mobil kepresidenan serta beberapa menteri diakhir saat jabatan. Cuma saja, hal semacam itu tidak diterima Presiden Jokowi dengan argumen penghematan. Karenanya mobil ini masihlah dipakai Jokowi sampai saat ini.

Sesudah tidak menjabat, SBY dengan cara spesial dipinjamkan mobil kepresidenan untuk sesaat. Mobil itu lalu dipakai selepas serah terima jabatan Presiden.

* Tersisa 7 Mobil

Pemerintah mempersiapkan delapan unit mobil kepresidenan untuk dipakai Presiden serta Wakil Presiden aktif. Cuma saja, sepanjang 2, 5 tahun Jokowi-JK cuma mempunyai tujuh unit mobil kepresidenan. Satu salah satunya masihlah dipakai Presiden ke enam Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

” Mobil Kepresidenan yang operasional ada tujuh unit. Satu dipinjamkan pada Presiden terdahulu (SBY), ” kata Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, Selasa, 21 Maret 2017.

* Masih Butuh Mobil

SBY tetaplah memakai mobil kepresidenan walau tidak lagi menjabat sebagai Presiden. SBY dipinjamkan untuk sesaat memakai mobil kepresidenan yang telah tujuh tahun temaninya bertugas.

” Lantaran waktu itu baru usai serah terima beliau masihlah perlu mobil. Jadi dipinjamkan oleh negara, ” ungkap Djumala.

Wakil Sekjen Partai Demokrat Rachlan Nasidik menyatakan SBY tak pernah memohon mobil itu. Bahkan juga, pihak istana yang menyerahkan sendiri mobil itu.

” Butuh diingat mobil itu tak dibawa oleh Pak SBY. Mobil itu diantarkan oleh Setneg pada Pak SBY ke tempat tinggalnya. Lantaran ketika itu Setneg belum dapat sediakan mobil baru, ” tutur Rachlan.

* Tak Pakai Surat Resmi

Peminjaman mobil kepresidenan oleh SBY nyatanya tak lewat sistem administrasi resmi. Mobil itu segera dipakai demikian saja sesudah serah terima jabatan dikerjakan.

” Yang mulai digunakan pada akhir 2014 yang didapatkan tidak ada pemberian surat resmi. Digunakan demikian saja. Kita saksikan di kantor juga tidak ada, di Setneg juga tidak ada, ” kata Djumala.

* Harusnya Bukan Mercy

Berdasar pada UU No. 7 tahun 1978 tiap-tiap bekas Presiden serta Wakil Presiden memiliki hak memperoleh satu unit mobil bersama sopirnya. Namun mobil yang didapatkan negara pada bekas Presiden serta wakil presiden bukanlah kelompok mobil Kepresidenan seperti yang dipakai oleh SBY. Semestinya mobil yang didapatkan yaitu Toyoya Camry 2. 4 atau 3. 6.

” Bekas Presiden serta wakil Presiden itu sampai kini presedennya yaitu pertolongan kendaraan berbentuk Camry keluaran 2005 atau 2007, ” kata Djumala.

Mobil ini dapat yang didapatkan pada BJ Habibie, Gus Dur, Megawati Soekarnoputri, Try Sutrisno, serta Budiono.

* Akhirnya Dikembalikan

Sesudah ramai dibicarakan, SBY pada akhirnya kembalikan mobil kepresidenan yang sampai kini dipinjam. Mobil dikembalikan pada Rabu, 22 Maret 2017.

” Baru tadi pagi mendekati siang mobil kepresidenan yang dipinjam itu dikembalikan serta kita terima dengan cara resmi dengan berita acara, ” kata Djumala.

Salam Admin By Vijay Semoaga Berita Ini Bermanfaat.

Related posts