Beberapa Penyebab Sepeda Motor Mati Mendadak

beberapa-penyebab-sepeda-motor-mati-mendadak

Berita Aktual, Berita Otomotif Dari demikian banyak permasalahan yang dihadapi sepeda motor, ada satu permasalahan yang paling merepotkan. Permasalahan itu yaitu motor mati mendadak. Pasti, terkecuali merepotkan, permasalahan ini begitu membahayakan.

Pikirkan saja, Anda tengah ada di dalam jalan, mendadak motornya mati. Resiko kecelakaan bertambah. Kendaraan Anda dapat tertabrak kendaraan lain yang ada di belakang, yg tidak pernah mengerem lantaran jaraknya sangat dekat.

Menurut Joko, yang memiliki bengkel sepeda motor JDM, yang ada di Duren Tiga, Jakarta Selatan, terdapat banyak sebab kenapa hal semacam ini dapat berlangsung. Yang pasti, bila mati mendadak, masalahnya bukanlah terdapat pada filter hawa yang kotor.

– Klep kotor

Satu diantara penyebabnya paling utama kenapa motor dapat mati mendadak yaitu lantaran kehilangan kompresi. Hilang kompresi ini, tutur Joko, karena sebab valve, atau yang bhs bengkelnya ‘klep’, tak akan bersih.

” Bila matik, umumnya lantaran klepnya kotor, ” jelas Joko. Ia menerangkan, kompresi yang baik berlangsung waktu klep tutup dengan cara prima. Pada klep yang kotor, penutupan itu tak berlangsung prima. Ini bikin kompresi bocor.

Kotorannya tersebut karena sebab kerak karbon sisa pembakaran bahan bakar yang mutunya kurang baik. Ini umumnya berlangsung pada bahan bakar yang miliki RON rendah.

– Busi

Penyebabnya ke-2, menurut Joko, yaitu permasalahan pada busi. ” Umumnya lantaran busi korslet. Jadi apinya nyebar, walau sebenarnya idealnya api konsentrasi di satu titik. Atau jadi api tak nyala sekalipun, ” jelas pria asal Jawa Tengah ini.

Dengan cara lebih luas, ini terkait dengan komponen pengapian. Percikan api pada pengapian manfaatnya yaitu membakar uap bahan bakar yang diinjeksikan ke ruangan pembakaran. Seperti di ketahui, pembakaran yang baik berlangsung waktu gabungan pada api, bahan bakar, serta hawa, tercampur dengan prima.

Menurut Joko, walau paling umum terdapat pada aki, tetapi mungkin saja juga pengapian rusak karena sebab komponen seperti koil, CDI, sampai sepul, juga punya masalah.

Karburator

Penyebabnya paling akhir bila motor mati mendadak yaitu karburator. ” Motor dapat juga mati mendadak bila karburator terkena air, ” jelas Joko.

Air sendiri dapat masuk ke karburator umumnya lewat celah tali gas (tali choke). Biasanya tali ini diperlengkapi tutup karet. Air dapat masuk bila tutup karetnya getas.

Bila ini berlangsung, yang bisa dikerjakan sudah pasti dengan keluarkan air itu. Langkahnya, pertama-tama tutup keran bensin yang menuju karbu. Lalu kendurkan baut pembuangan bensin. ” Air keluar, mungkin saja juga sama sisa bensin, ” imbuhnya Joko.

Bila telah di pastikan air betul-betul terkuras, jadi lalu kencangkan lagi baut saluran pembuangan itu.

Salam Admin By Vijay Semoaga Berita Ini Bermanfaat.

Related posts