Beberapa Tempat Wisata Baru Di Ciwidey

beberapa-tempat-wisata-baru-di-ciwidey

Berita Aktual, Berita travel Ciwidey adalah satu diantara kecamatan di daerah Bandung yang banyak mempunyai obyek wisata alam. Udaranya yang sejuk lantaran ada di ketinggian bikin banyak wisatawan tertarik pergi ke obyek wisata di daerah itu.

* Kawah Putih

Kawah Putih adalah satu diantara obyek wisata paling populer di Ciwidey. Kita kerapkali lihat gambarnya di tv serta dipakai untuk kepentingan syuting. Kawah Putih Ciwidey adalah satu danau kawah yang datang dari letusan Gunung Patuha. Letusan Gunung Patuha itu berlangsung pada era ke-10.

Pada saat itu beberapa orang berasumsi kalau tempat itu angker hingga tidak ada yang berani melewatinya. Hingga pada tahun 1837, seseorang pakar bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn pergi ke puncak Gunung Patuha serta lihat ada satu danau putih yang berbau belerang menyengat.

Dikatakan sebagai Kawah Putih lantaran tanah di sekelilingnya berwarna putih sedang air danau tersebut kerap beralih warnanya. Pemerintah setempat mulai meningkatkan lokasi ini jadi obyek wisata mulai sejak tahun 1987. Mulai sejak itu banyak wisatawan yang datang ke tempat itu untuk nikmati panorama alam disana. Pengunjung cuma dikenai ticket seharga 18. 000. Beberapa wisatawan dapat bertandang sehari-hari mulai jam 7 pagi sampai dengan 5 sore. Tidak sedikit lalu sebagai Kawah Putih untuk tempat photo pre-wedding lantaran pemandangannya yang indah.

Untuk pengunjung dari luar Bandung bisa melalui jalur Keluar Tol Kopo lalu ke Sayati serta setelah itu ke Soreang. Di Soreang lanjut ke Ciwidey serta dari sana bakal hingga ke Kawah Putih. Pengunjung dapat juga memakai kendaraan umum untuk hingga kesana.

* Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah obyek wisata danau yang ada di Ciwidey. Beberapa pengunjung dapat nikmati panorama indah serta hamparan kebun the di sekitaran Situ Patenggang. Nama Situ Patenggang yang terdapat di ketinggian 1600 mpl ini tidak dapat dilepaskan dari legenda orang-orang setempat. Legenda itu bercerita mengenai cerita Ki Santang serta Dewi Rengganis. Mereka sama-sama menyukai tetapi pernah terpisah serta pada akhirnya berjumpa di Batu Cinta.

Dewi Rengganis memohon pada Ki Santang untuk dibuatkan danau serta perahu supaya mereka bisa berlayar berbarengan. Perahu itu lalu beralih jadi satu pulau berupa hati atau Pulau Asmara. Cerita itu juga masihlah menempel dalam Situ Patenggang seperti ada mitos yang menyampaikan kalau orang yang melingkari Pulau Asmara jadi cerita cintanya dapat kekal seperti Ki Santang serta Dewi Rengganis.

Situ Patenggang sendiri terdapat di Bandung Selatan, sekitaran 35 km dari kota Bandung. Penggunjung dapat ke tempat itu dengan memakai angkutan umum dilanjutkan dengan angkutan desa. Ticket masuknya cukup murah yakni untu hari umum Rp. 18. 000 serta akhir minggu sebesar Rp. 20. 500 per orang. Untuk yang membawa kendaraan jadi ada cost sendiri sesuai dengan type kendaraannya. Disana pengunjung dapat nikmati beragam sarana yang ada seperti toilet, tempat beribadah, serta tempat bermalam.

* Kebun Strawberry Ciwidey

Tempat wisata di Ciwidey yang satu ini cukup populer di beberapa tempat, yakni Kebun Strawberry Ciwidey. Kebun strawberry di Ciwidey ada di sebagian tempat diantaranya di sekitaran Kawah Putih, di sekitaran Situ Patenggang, di sekitaran Rancabali, di sekitaran Pasir Jambu, dan sebagainya. Pengunjung yang datang ke Kebun Wisata Strawberry Ciwidey tak perlu membayar ticket masuk, tetapi bakal membayar jumlah strawberry yang dipetik.

Harga strawberry di kebun itu sekitar pada Rp. 35. 000 – Rp. 50. 000 per kilogram. Pengunjung dapat mengajak anak-anak untuk pergi ke kebun strawberry ini untuk memperkenalkan mereka mengenai tanaman strawberry serta bagaimana caranya untuk memetiknya.

* Perkebunan Teh Rancabali

Obyek wisata di Ciwidey setelah itu yaitu perkebunan teh rancapali. Perkebunan teh Rancabali bisa didapati waktu kita bakal menuju ke arah Situ Patenggang. Ada hamparan perkebunan teh indah untuk diliat. Ditambah dengan sebagian air terjun kecil yang ada di tepian perkebunan teh itu.

Perkebunan teh Rancabali terdapat di ketinggian 1. 628 mdpl dengan suhu yang lumayan sejuk. Disana di proses komoditas teh serta kina dan di dukung oleh pabrik pemrosesan Orthodoks serta CTC.

Salam Admin By Vijay Semoaga Berita Ini Bermanfaat.

Related posts