Benarkah Ada Manfaat Kesehatan Kopi Terhadap Otak?

Benarkah Ada Manfaat Kesehatan Kopi Terhadap Otak?

Berita Aktual, Berita Kesehatan, Dalam pelbagai studi yang ada telah membuktikan mengenai manfaat minum kopi untuk yang namanya kebugaran dan salah satunya yaitu menjaga jantung tetap sehat. Dan, riset terbaru juga telah mengungkap khasiat langsung dari minum kopi untuk kesehatan otak.

Dar informasi yang digarap oleh para pakar Institut Riset Krembil di Toronto, Kanada, diinformasikan bila pihak mereka telah menemukan bila meminum kopi pada pagi hari dapat menghindari diri dari penyakit Alzheimer dan juga Parkinson. Akan tetapi, penyebab dari manfaat tersebut bukan dikarenakan kafein.

Dari tim yang menyoroti, baik kopi berkafein maupun kopi tanpa kafein sama-sama memiliki khasiat yang serupa. Dan untuk riset tersebut, tim menyelidiki tiga jenis kopi yakni light roast, dark roast, serta decaffeinated dark roast.

Yang mana, mereka mengidentifikasi adanya sekelompok senyawa hasil proses roasting yang dikenal sebagai phenylindanes. Komponen tersebutlah yang menghambat penggumpalan dua fragmen protein pada penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Lalu, langkah selanjutnya yakni menyelidiki seberapa menguntungkan senyawa tersebut untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya itu saja, para peneliti juga mencari tahu apakah senyawa itu sebenarnya memiliki kemampuan untuk memasuki aliran darah dan melewati penghalang darah-otak atau tidak.

Berdasarkan, Dr Donald Weaver, salah satu peneliti, menyebutkankan phenylindanes adalah bahan kimia alami. Tidak perlu mencoba membuatnya di laboratorium, namun cukup menanam tanaman kopi, memanen, menggiling, dan juga kemudian mengekstraknya.

Penelitian memang menunjukkan bila senyawa dalam kopi tersebut dapat berguna dalam halnya menangkal penurunan kognitif. Akan tetapi sebelum mengarah pada pengajuan perawatan alternatif, masih sangat diperlukan penelitian lebih lanjut.

“Sangat menarik, tetapi apakah kami menyarankan bahwa kopi adalah obat? pastinya sama sekali tidak,” papar pria yang menjabat sebagai salah satu direktur di Institut Otak Krembil tersebut, halini telah dikutip dari laman News com.

Related posts