Benarkah Singapura Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Umat Muslim di Dunia?

Benarkah Singapura Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Umat Muslim di Dunia?

Berita Aktual, Berita travel – Jangan heran bila Singapura kini menjadi negara tujuan wisatawan muslim terbaik yang ada di dunia non negara Organisasi Kerjasama Islam versi peringkat Global Muslim Travel Index (GMTI) pada tahun 2017.

Faktanya Singapura kini dianggap sebagai negara yang memiliki kekuatan dalam halnya aspek sertifikasi restoran halal, aneka pilihan wisata, lalu ada juga infrastruktur pendukung beribadah, serta konektivitas udara.

“Banyak wisatawan yang menjadikan Singapura sebagai salah satu destinasi wisata yang menyenangkan dan pastinya memiliki banyak kelebihan dalam halnya sebagai kota pariwisata, selain itu Singapura juga banyak menyediakan fasilitas hiburan, theme park seperti misalnya Universal Studios,” ungkap Fazal Bahardeen selaku Chief Executive Officer Creacent Rating & HalalTrip, pada saat jumpa pers “Launch GMTI 2017 #220by2020” ketika di Jakarta, Rabu (03/05/2017).

Berdasarkan iniformasinya, dari sudut pandang wisatawan muslim, Singapura kini memiliki lebih dari 3.000 outlet tempat makan yang sudah bersertifikat halal. Padahal, untuk outlet tempat makan yang bersertifikat halal tersebut berada dalam tempat yang kecil.

“Perlu diketahui ada 70 masjid yang tersebar di seluruh bagian negara tersebut. Karena negara Singapura ini dekat dengan Indonesia dan juga Malaysia, jadi bila ditotalkan 20 persen itu yang datang ke singapura itu semua rata-rata orang muslim. Jadi ekosistem sudah terbentuk dengan sendiri,” ungkapnya.

Fazal juga mengungkapkan adanya akses penerbangan langsung ke Singapura juga menjadi salah faktor keberhasilan mengapa rata-rata wisatawan muslim di dunia lebih memutuskan untuk ke Singapura.

“Konektivitas udara itu menjadi salah satu kuncinya, Mereka juga memiliki kebijakan bebas visa yang mendukung kedatagan mereka,” ungkap Fazal.

Singapura kini mendapatkan skor sebesar 67,3 pada GMTI 2017. Peringkat Singapura ini tetap bertahan dari tahun sebelumnya namun ada sedikut penurunan skor sebesar 1,1.

Lantas apa saja yang menjadi proses penilaian destinasi oleh GMTI? Berdasarakan data yang ada GMTI menilai dengan berlandaskan empat kriteria strategis utama yakni akses, komunikasi, lingkungan, dan juga layanan.

Sedangkan dibawah Singapura, peringkat selanjutnya didududki oleh Thailand, Inggris, Afrika Selatan, Hong Kong, Perancis, Taiwan, Jepang, Sri Lanka, serta Amerika Serikat.

Related posts