Berburuk Sangka, Amien Rais Curigai Presiden Jokowi Ingin Ubah Sejarah G30S PKI

Berburuk Sangka, Amien Rais Curigai Presiden Jokowi Ingin Ubah Sejarah G30S PKI

Berita Aktual, Berita Nasional – Amien Rais selaku Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Rakyat (PAN) mengungkapkan bahwa dirinya merasa curiga dengan wacana dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mana sebelumnya mengusulkan agar film G30S PKI dibuat dalam versi yang baru. Menurut Amien, bahwa sejarah tak dapat diputarbalikkan.

“Enggak boleh ya. Itu sudah berdasarkan research. Jadi Arifin Noer itu tidak main-main. Jadinya saya merasa curiga kalau dia (Jokowi) mau buat film yang baru, sehingga tidak heran bila saya curiga sekali,” tegasnya di acara nonton bareng film G30S PKI di Hotel Mercure, Jakarta Utara, pada Kamis (21/09) malam.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memberikan tanggapan soal ajakan tonton bareng (nobar) dari pemutaran film tersebut. Presiden juga menekankan, bahwa dengan menonton film apalagi mengenai sejarah itu amat penting.

Akan tetapi untuk anak-anak milenial yang sekarang, menurut Presiden, tentu saja mestinya dibuatkan lagi film yang memang bisa masuk ke mereka, agar mereka semakin mengerti bahaya komunisme, agar mereka tahu juga yang namanya mengenai PKI.

“Akan jauh lebih baik kalau ada versi yang paling baru, agar lebih kekinian, sehingga bisa masuk ke generasi-generasi milenial,” ucap Presiden Jokowi.

Jokowi juga menampik mengenai tudingan dirinya tidak melihat adanya bahaya PKI. Menurut Presiden, kita ini harus mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat. “Kalau dipandang masih ada ruang untuk berkembangnya komunisme ya memang harus diingatkan terus kepada masyarakat itu sendiri,” tegas Jokowi.

Kemudian Jokowi menambahkan bila yang paling penting, sudah ada TAP MPRS mengenai adanya larangan untuk PKI, untuk komunis. “Jelas sekali. Jadi kalau ada ya tunjukkan di mana, hukum!” tegas Presiden.

Related posts