Cara Mengatasi Ban Benjol

cara-mengatasi-ban-benjol

Berita Aktual – Berita Otomotif Sempatkah alami ban motor atau ban mobil yang baru digunakan sebagian minggu jadi benjol? Keadaan seperti ini dibenci oleh ingindara lantaran begitu mengganggu kenyamanan saat berkendara serta dapat pula mengakibatkan kecelakaan.

Ban benjol dikarenakan masuknya hawa diantara dua susunan pembentuk ban. Hawa itu bakal berkembang waktu ban digunakan di jalanan serta terserang panas baik itu dari gesekan ataupun segera dari matahari. Hawa yang mengembang dalam susunan tersebut yang bikin ban jadi benjol. Waktu dipakai yang rata bakal merasa terguncang-guncang, seperti berkendara di jalanan yg tidak rata.

Penyebabnya dari ban jadi benjol berbagai macam, salah satunya yakni ketidaktelitian waktu sistem produksi, pengisian angin dengan desakan terlalu berlebih, serta dapat pula karena ben deformasi bentuk yang karena sebab kurang desakan dan beban yang terlalu berlebih. Diluar itu dapat pula dikarenakan terserang batu atau paku.

Ban yang benjol dapat diliat dari getaran yang diakibatkan waktu kendaraan dipakai di jalanan yang lurus serta beraspal halus. Jika getaran yang diakibatkan kerap saat melaju kencang, itu artinya ban alami tonjolan. Namun mesti dapat dibedakan, jika ban jadi bergetar atau berisik mungkin saja ban mencapai tanah liat serta melekat di ban.

Ban benjol tak dapat diperbaiki lagi, mesti ditukar dengan yang baru. Jika bakal ditambal juga akan tidak dapat menanggung ban dapat dipakai dengan baik lagi lantaran makin lama dipakai, ban benjol bakal merembet selalu robekannya.

Apabila ban mengalami benjolan kita bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Persiapka perlatan yang dibutuhkan seperti penusuk (obeng kecil maupun pisau kecil), kompresor atau pompa manual ban.
  2. Mencari dibagian mana tonjolan pada kendaraan kita.
  3. Jika telah diketemukan, biarlah ban dalam kondisi masihlah terisi angin.
  4. Tusukkan penusuk, namun tak bisa hingga terserang ban dalam.
  5. Kempeskan ban lalu tiup lagi memakai kompresor atau pompa manual ban.
  6. Ulangilah langkah no 3 serta 4 hingga angin yang ada pada tonjolan dapat keluar.
  7. Sesudah semua dikerjakan, ban bakal kembali normal untuk sebagian waktu.

Langkah ini dapat dikerjakan dalam kondisi sangat terpaksa, jika tak sangat terpaksa baiknya ubah ban yang benjol dengan ban yang baru.

Salam Admin By Vijay Semoaga Berita Ini Bermanfaat.

Related posts