Cara Mudah Dan Sederhana Atasi Gejala Penyebaran Penyakit Kaki Gajah

Cara Mudah Dan Sederhana Atasi Gejala Penyebaran Penyakit Kaki Gajah

Berita Aktual – Berita Kesehatan, Tentunya yang namanya penyakit kaki gajah atau filariasis disebabkan dengan adanya cacing filaria yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Perlu diketahui bila nyamuk yang membawa cacing filaria berasal dari semua jenis nyamuk yang ada.

Hal ini tentunya mengartikan, nyamuk anopheles (yang membawa penyakit malaria) maupun aedes aegypti (yang membawa penyakit demam berdarah) memiliki kemungkinan besar dalam menularkan cacing filaria kepada manusia yang ada disekitarnya.

Ketika nyamuk menggigit manusia maka tidak terelakan cacing filaria pun akan ikut tertular ke manusia. Agar dapat mencegah seseorang terhindar dari yang namanya kaki gajah. Maka pihak petugas kesehatan akan memberikan yang namanya obat kaki gajah, yang bernama diethylcarbamazine (DEC).

Adapun kinerja obat ini bertindak sebagai salah satu pencegahan sebelum seseorang terkena cacing filaria ataupun seseorang sudah terkena filaria dalam tahap stadium awal.

Apabila di tubuh seseorang terdapat yang namanya cacing filaria namun orang yang bersangkutan belum mengalami gejala demam seperti yang diketahui sebagai salah satu tanda penyebab indikasi gejala kaki gajah, tentunya obat akan berkerja dan dapat membunuh cacing filaria.

Kemudian untuk cara lain yang lebih sederhana agar tidak tertular dengan cacing filaria yaitu menghindari dari namanya gigitan nyamuk. Nah bagi yang bertempat tinggal di dekat sawah, got atau saluran air, dan rawa-rawa. Maka tentunya lingkungan yang ada didaerah sekitar tempat tinggal perlu diperhatikan.

Dengan adanya lingkungan yang kotor maka tidak menampik bila akan menjadi salah satu tempat mudah bagi para nyamuk untuk bisa berkembangbiak.

“Yang perlu dilakukan saat ini yaitu kita harus menghindari yang namanya gigitan nyamuk. Jangan suka untuk keluar rumah di malam hari. Hal ini lantaran akan ada banyak nyamuk yang bisa menggigit manusia pada malam hari,” ucap salah satu Pakar filariasis, Prof dr. Agnes Kurniawan, PhD, SpParK di dalam acara “Temu Media Mengenai BELKAGA” di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, yang ditulis pada Selasa (03/10/2017).

Selain itu adaoun cara lainnya yaitu melakukan perawatan kaki dengan baik serta tepat, jangan biarkan adanya luka atau kulit terbuka pada bagian kaki. Hal ini bisa saja akan mempermudah cacing filaria masuk lewat luka terbuka tersebut. Apabila ada luka terbuka di kaki, maka segera lakukan pengobatan.

Related posts