Cara Tepat Merawat Kasur Agar lebih Tahan Lama

Cara Tepat Merawat Kasur Agar lebih Tahan Lama

Berita Aktual, Berita Properti – Tentunya dengan kasur yang nyaman dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Namun pastinya tidak semua kasur dapat memberikan kenyamanan terhadap masing-masing individu. Dengan posisi kasur yang baik tentunya dapat membuat tubuh terasa segar ketika bangun tidur, sehingga pastinya Anda akan lebih siap untuk menjalani aktivitas keseharian.

Secara umumnya, kasur yang bagus memiliki ketahanan kualitas hingga 10 tahun dengan melakukan perawatan yang baij dan juga benar. Perlu diketahui pula pada bagian kasur dapat mengalami penipisan seiring dengan waktu pemakaian yang lama.

Adapun kiat yang paling mudah menentukan bahwa kualitas kasur sudah menurun drastis adalah sewaktu Anda bangun tidur. Apabila Anda terbangun dengan merasakan sakit di sekujur tulang punggung, hal tersebut berarti kualitas per ataupun spring yang ada pada kasur sudah tidak baik lagi. Sehingga kasur secara normalnya sudah dapat diganti setiap delapan hingga 10 tahun sekali, dan itu semua tergantung dari kualitas kasur tersebut.

Dengan menjaga kasur agar tetap awet, Anda dapat melakukan tiga perawatan berikut ini secara rutin yakni sebagai berikut :

1. Tetap Menjaga Kebersihan
Supaya mendapatkan kasur Anda tetap bersih dan juga terhindar dari kuman, maka pergunakanlah sprei dengan bahan katun. Sprei jenis ini tentunya sangat baik dalam menyerap keringat sehingga kasur Anda tetap bersih. Perlu diingat untuk tidak lupa mengganti sprei setiap dua minggu sekali untuk menjaga kebersihan kasur Anda.

2. Lakukan Penjemuran Kasur
Pada permukaan kasur yang lembab akan menjadi tempat favorit bersarangnya kuman. Hal tersebut dikarenakan seringnya Anda berbaring pada bagian yang sama dan suhu kamar yang cenderung berubah-ubah. Agar kasur tidak lembab, maka perlu dilakukan penjemuran kasur beberapa jam di bawah sinar matahari. Selain untuk membunuh kuman, menjemur di bawah terik sinar matahari dapat membantu volume kasur kembali seperti semula. Namun perlu diingat, selalu rutin dalam membersihkan kasur dengan menggunakan sapu lidi atau vacuum cleaner untuk menyingkirkan setiap debu-debu yang mungkin menempel ketika dijemur.

3. Ganti Posisi Kasur
Nah karena kebanyakan orang berbaring pada bagian yang sama di kasur, maka tidak ada salahnya merotasi kasur secara berkala. Pada bagian tubuh yang paling berat saat berbaring adalah daerah bokong, oleh sebab itu maka dengan adanya rotasi berguna untuk membagi kerja per pada kasur, sehingga ketebalan kasur tetap merata. Biasanya produsen kasur akan memberitahukan kapan saat yang tepat untuk merotasi kasur. Namun jika tidak ada instruksi demikian dari produsen kasur, maka rotasikan kasur setiap enam bulan sekali ya.

Related posts