Cegah Masalah Kesehatan Gigi Dan Gusi Dengan Konsumsi Buah Stroberi

Cegah Masalah Kesehatan Gigi Dan Gusi Dengan Konsumsi Buah Stroberi

Berita Aktual – Berita Kesehatan, Pada umumnya kita mengetahui bila yang namanya kesehatan tidak akan pernah terlepas dari bagaimana kita menangani gejala yang muncul. Tentunya berbagai antisipasi akan terus kita lakukan agar dapat menghindari masalah kesehatan yang ada. Seperti halnya kesehatan mulut tentunya sangatlah penting. Untuk itu anda harus melakukan pembersihan dan juga perawatan mulut secara berkala dan menyeluruh seperti misalnya menyikat gigi, berkumur, flossing, ataupun membersihkan lidah.

Selain itu dengan perawatan tersebut, kamu juga dapat menguatkan gigi dan gusi melalui nutrisi makanan yang kamu konsumsi. Seperti yang dilangsir dari laman kesehatan, berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang dapat membuat gigimu kuat dan juga gusi sehat.

1. Teh hijau
Teh hijau pada umumnya mengandung senyawa alami yang disebut dengan katekin yang dapat melawan peradangan dan juga tumbuhnya bakteri di dalam mulut. Dengan sering rajin minum teh hijau maka kamu akan terhindar dari berbagai penyakit periodontal.

2. Stroberi dan kiwi
Buah stroberi mengandung tingginya kandungan vitamin C dan sama halnya juga pada buah kiwi yang dianggap sama pentingnya di dalam menjaga produksi kolagen yang ada di gusi. Sebab tanpa adanya kolagen, gusi menjadi ekstra lembut dan rentan terhadap berbagai jenis penyakit yang ada.

3. Kacang dan biji-bijian
Pada kacang-kacangan juga mengandung fosfor, magnesium, potasium, seng, serta kalsium yang mampu dalam membuat gusi dan gigi menjadi jauh lebih kuat.

4. Bawang bombay
Bawang bombay juga termasuk makanan yang dapat menguatkan gigi dan juga gusi karena banyak mengandung belerang yang bersifat antimikroba di dalamnya.

5. Jamur shitake
Jamur shitake diketahui juga mengandung letinan, gula alami yang dapat membantu dalam mencegah radang gusi. Berdasarkan pihak penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa senyawa antibakteri letinan ini dapat membunuh setiap bakteri dari penyebab penyakit gingivitis atau peradangan gusi yang ditandai dengan adanya gusi kemerahan, bengkak, dan bahkan berdarah.

6. Apel, seledri, dan makanan rendah asam
Apel, seledri, serta makanan rendah asam seringkali disebut juga sebagai ‘deterjen gigi’ karena mampu dalam merangsang produksi air liur yang mendorong bakteri menjadi tidak mudah berkembang biak dalam mulut. Sering mengunyah makanan ini juga akan menghilangkan plak gigi loh, silahkan mencoba!

Related posts