Fakta Yang Menarik Saat Hari Raya Nyepi Di Bali

fakta-yang-menarik-saat-hari-raya-nyepi-di-bali

Berita Aktual, Berita Lifestyle, umat Hindu merayakan Nyepi. Bali sebagai pulau dengan sebagian besar masyarakat beragama Hindu jadi sorotan lantaran perayaan Nyepi.

Ada kenyataan menarik masalah Hari Raya Nyepi yang bikin Bali tidak sama dari hari-hari umum

* Pantangan umat Hindu di Hari Nyepi

Puncak perayaan Hari Nyepi bukanlah dirayakan dengan gegap gempita, tetapi dengan proses catur brata penyepian atau empat pantangan.

Empat pantangan yang dikerjakan oleh umat Hindu waktu Nyepi terbagi dalam amati karya (tak bekerja), amati lelungan (tak melancong), amati geni (tak menyalakan api), serta amati lelanguan (tak bersenang-senang).

* Jalanan kosong

Tidak diperkenakan ada kendaraan terkecuali mobil ambulans yang beroperasi di Bali. Pecalang atau petugas keamanan desa yang bakal mengawal ambulans mengantar pasien ke tempat tinggal sakit.

* Bandara berhenti beroperasi

Cuma di hari Nyepi, tiket penerbangan tidak di jual sebab bandara berhenti beroperasi di Hari Nyepi. Terminal, pelabuhan, serta Jalan Tol Bali Mandara juga ditutup ketika Nyepi.

* Malam bertabur bintang

Lantaran hawa yang bersih tanpa ada polusi, malam hari di Bali waktu Nyepi bakal bertabur bintang yang bisa diliat dengan mata telanjang.

* Dirindukan oleh wisatawan

Asumsi Bali dijauhi oleh wisatawan waktu Nyepi malah salah. Demikian sebaliknya banyak wisatawan yang berniat menggunakan saat berlibur waktu Nyepi d Bali.

Biasanya wisatawan yang menginginkan memperoleh pengalaman spiritual dengan yoga atau meditasi di keheningan Nyepi. Lihat bintang waktu malam hari juga jadi daya tarik untuk wisatawan

* Rentetan pertunjukan budaya yang memikat

Terdapat beberapa pertunjukan budaya sebelumnya serta setelah Nyepi. Umpamanya dua hari sebelumnya Nyepi, umat Hindu bakal melakukan Melasti atau sembahyang di laut.

Satu hari sebelumnya Nyepi, bakal dikerjakan Mecaru atau pawai ogoh-ogoh. Satu hari sesudah Nyepi ada kebiasaan omed-omedan atau berciuman massal untuk menampik bala.

* Harga hotel lebih murah

Waktu Nyepi juga jadi arena untuk hotel untuk berikan paket dengan harga terjangkau. Umumnya paket bakal diperlengkapi makan pagi, siang, serta malam, juga macam kesibukan menarik untuk menghibur tamu hotel di hari Nyepi.

Salam Admin By Vijay Semoaga Berita Ini Bermanfaat.

Related posts