Jangan Asal Menjawab Kuis di Facebook, Waspada Aksi Hacker Pencuri Data Pribadi

Jangan Asal Menjawab Kuis di Facebook, Waspada Aksi Hacker Pencuri Data Pribadi

Berita Aktual-Berita Lifestyle, Menjadi hal yang menarik ketika salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh sejumlah pengguna Facebook adalah dengan mengikuti kuis dan membagikan hasilnya di layanan tersebut. Namun ternyata, hal tersebut dianggap membahayakan, bagaimana tidak kuis yang disajikan tersebut dapat mengancam keamanan data penggunanya.

Menurut pihak Managing Director Keamanan Siber yang ada di Florida Center yakni Sri Sridharan, untuk sejumlah kuis Facebook sebenarnya digunakan sebagai dasar bagian dalam mengecoh orang-orang untuk mendapatkan informasi pribadi mereka dan juga menghasilkan uang dari hal tersebut.

Bahkan malahan, kuis-kuis yang ada di Facebook biasanya disediakan oleh pihak ketiga dan bukan langsung dari internal Facebook.

“Kelihatannya memang tidak berbahaya, akan tetapi Anda tidak akan pernah tahu siapa yang sebenarnya meminta informasi tersebut bukan,” ucap dirinya menerangkan, pada Sabtu (05/08/2017).

Sridharan juga menjelaskan bila hacker sering menggunakan kuis tersebut untuk menutupi link berbahaya yang dapat digunakan dalam membobol keamanan online. Sementara itu mereka dapat dengan mudah membajak akun pribadi dan juga menggunakannya untuk menjerat lebih banyak korban lainnya.

“Dengan semakin banyak yang mereka tahu tentang diri Anda, maka akan semakin banyak juga cara yang dapat digunakan untuk mengecoh Anda untuk melakukan sesuatu seperti misalnya dengan mengklik sebuah link yang seharusnya tidak boleh Anda klik, karena bisa saja itu merupakan virus yang membahayakan perangkat Anda juga” ucap pakar keamanan tersebut.

Mengingat dengan adanya sejumlah kuis yang dapat membahayakan keamanan data pribadi, maka para pengguna Facebook sebaiknya diharapkan agar lebnih cermat dan terus lebih berhati-hati. Agar dapat melindungi data pribadi, Sridharan juga menyarankan agar hanya mengikuti kuis dari situs web yang terpercaya.

Selain itu dirinya juga meminta agar para pengguna lebih waspada apabila mengikuti kuis atau jajak pendapat dengan syarat harus melakukan sign in kedalam akun Facebook terlebih dahulu. Begitu pula dengan halnya ketika Anda diminta memasukkan alamat email. Sehingga perlu lebih waspada agar akun Anda tidak menjadi sasaran empuk bagi para hacker pencuri data.

Related posts