Kelola Masalah Stres Bekerja, Jangan Pernah Ragu Untuk Mengambil Cuti

Kelola Masalah Stres Bekerja, Jangan Pernah Ragu Untuk Mengambil Cuti

Berita Aktual-Berita Lifestyle, Mungkin Anda pernah dirundung dilema mengenai apakah sebenarnya perlu mengambil jatah cuti selama bekerja? Nah tentunya apabila jatah cuti Anda masih ada, maka tidak perlu ragu lagi untuk mengajukan kepada atasan.

Cuti sendiri merupakan hak yang dimiliki oleh karyawan, selama kita bekerja pastinya butuh waktu untuk merefreshing diri. Dan hal ini dianggap merupakan salah satu cara yang tepat dalam mengelola stres juga. Hal ini juga disampaikan oleh dokter spesialis okupasi yakni Nuri Perwito Adi.

“Saya akan menjawab dengan tegas, cuti itu perlu,” ungkap Nuri sewaktu menjelang Hari Kesehatan Jiwa Sedunia di kantor Kementerian Kesehatan, pada Kamis (05/10/2017).

Adapun jawaban dari Nuri selaras dengan Undang-Undang (UU) dari Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003. Berdasarkan Undang-Undang tersebut, telah diaturkan salah satunya yaitu mengenai karyawan yang berhak untuk memperoleh sedikitnya 12 hari agar dapat cuti tahunan. Dan untuk syaratnya, karyawan tersebut harus sudah bekerja minimal kurang lebih 1 tahun atau 12 bulan lamanya di perusahaan tersebut.

Sehingga tidak mengherankan apabila cuti merupakan salah satu upaya yang diambil untuk mengelola stres akibat banyaknya pekerjaan. Seperti yang diketahui, stres yang terjadi pada tempat kerja merupakan hal umum yang sering terjadi. Mulai karena adanya beban pekerjaan yang banyak, target pencapaian yang berat, ataupun bos yang menyebalkan.

Stres sendiri sesungguhnya dibutuhkan sewaktu bekerja. Dengan adanya kehadiran stres tersebut membuat seorang pekerja akan lebih bersemangat dan memiliki tenaga untuk menyelesaikan target ataupun permasalahan yang ada. Namun, terkadang kadar stres pun perlu diwaspadai.

“Apabila sudah stres sampai menyebabkan kelelahan atau stres yang tingkat burn-out ditandai dengan adanya kecemasan yang berlebihan, apabila sudah memasuki hingga tahap ini maka ada sebaiknya Anda mengambil cuti.

Related posts