Kereta Canggih Tanpa Masinis Akan Meluncur Pada Bulan Agustus di Bandara Soekarno Hatta

Kereta Canggih Tanpa Masinis Akan Meluncur Pada Bulan Agustus di Bandara Soekarno Hatta

Berita Aktual, Berita Otomotif – Saat ini bandara Soekarno Hatta semakin hari kian maju. Pasalnya Bandara Internasional yang berlokasi di Cenkarang, Tangerang, diinformasikan sudah memiliki kereta canggih tanpa adanya awak pengangkut penumpang yang akan dioperasikan di bandara tersebut mulai bulan Agustus nanti.

Hal tersebut juga telah dibenarkan oleh Yado Yarisma yang merupakan Manager Humas PT Angkasa Pura II. Dirinya mengemukakan bahwa kereta canggih tanpa awak tersebut akan mulai dilakukan uji coba pengoperasiannya sekitar bulan Juli ini.

“Untuk prosesnya akan mulai dilakukan ujicoba Juli ini,” ungkap Yado kepada para awak media di Tangerang, pada Minggu (02/07/2017).

Adapun nama dari Moda transportasi baru ini biasa disebut dengan Automated People Mover System (APMS) atau dengan nama Skytrain. Kereta canggih tanpa masinis ini kabarnya akan segera dioperasikan di sekitar kawasan dalam bandara dan melintasi setiap terminal untuk mengangkut para penumpang yang ada.

“Untuk tahap awal rencana dari ujicoba akan dilakukan dengan track Terminal 2 ke Terminal 3,” ungkapnya.

Sedangkan beberapa jalur kereta canggih ini nanti disebutkan sudah akan terpasang. Demikian juga untuk berbagai infrastruktur penunjang lainnya.

“Akan tetapi tanggalnya masih belum dapat dipastikan. Namun diperkirakan akan mulai diluncurkan pada pertengahan atau akhir Juli ini. Karena terlebih dahulu harus akan diverifikasi oleh Dirjen Perkeretaapian,” imbuh Yado.

Director of Human Kapital, IT and General Affair PT Angkasa Pura II, Tina Kemala, menyampaikan bahwa Skytrain ini ditargetkan akan resmi beroperasi pada bulan Agustus 2017.

“Kami saat ini menargetkan proyeknya pada bulan Agustus sudah akan beroperasi,” papar Tina.

Menurut Tina, dengan adanya kereta tanpa awak tersebut dipastikan dapat menambah fasilitas moda transportasi di dalam area Bandara. Terlebih lagi para penumpang pun tidak akan dipungut biaya ketika menaiki Skytrain tersebut.

“Daya tampungnya juga mampu mengangkut 150 orang dalam sekali perjalanan.Jarak antara terminal ke Stasiun Kereta Bandara akan dibawa dengan Skytrain ke setiap Terminal kisaran setiap 3 – 4 menit waktunya,” ucapnya.

Related posts