Liburan Ke Manado Jangan Lupa Nikmatin Kulinernya

liburan-ke-manado-jangan-lupa-nikmatin-kulinernya

Berita Aktual, Berita travel Manado saat ini berbenah serta makin menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Ambisi Pemerintah Sulawesi Utara untuk menghadirkan turis Tiongkok sampai 1 juta orang dapat bikin pariwisata di Manado serta sekitarnya bergeliat.

Tidak afdol rasa-rasanya bila datang ke Manado cuma untuk nikmati alam, budaya serta kerahaman warganya tanpa ada mencicipi kuliner khasnya. Tersebut ikhtisar 10 kuliner yang harus Anda cicipi waktu berkunjung ke Manado. Pasti, makanan dalam daftar ini yaitu kuliner halal.

1. Tinutuan

Ini yang pertama, masakan khas Manado yang sangatlah tersohor. Tinutuan adalah makanan yang di buat dari kombinasi beragam sayuran hijau, dimasak dengan bubur beras serta labu kuning. Begitu pas disantap sebagai sarapan.

Di hotel-hotel bintang 3 ke atas, umumnya tinutuan jadi satu diantara menu untuk breakfast. Di Manado ada pusat kuliner tinutuan. Datangilah wakeke, ada beberapa puluh warung makan dari mulai yang simpel hingga elegan tawarkan menu tinutuan.

2. Cakalang Fufu

kan cakalang (Katsuwonus pelamis) atau tongkol putih yang diasapi (fufu) adalah satu diantara menu khas di Manado. Ikan yang masihlah fresh serta segera diasapi ini lalu di proses jadi beragam menu. Satu diantara olahan paling enak yaitu cakalang fufu saus, atau di proses jadi cakalang fufu santan.

Sajian menu ini begitu lezat disantap waktu masihlah panas. Banyak warung makan tradisional yang menghidangkan menu cakalang fufu. Bila menginginkan membawa pulang, dapat mendatangi pasar tradisional atau ke jembatan Sario. Disana banyak penjual cakalang fufu yang siap di-packing untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

3. Dabu-dabu

Orang Manado hampir tidak dapat makan tanpa ada ditemani rasa pedas. Cabe (rica) jadi satu diantara bumbu yang paling berfluktuasi harga nya lantaran paling di cari. Cabe di proses jadi dabu-dabu (sambal).

Tidak sama dengan sambal di daerah lain, dabu-dabu Manado begitu pedas. Sebagian jenis dabu-dabu seperti dabu-dabu bakar, dabu-dabu irislah, dabu-dabu lemong serta dabu-dabu lilang gampang didapati dirumah makan yang menghidangkan ikan bakar.

4. Sambal Roa

Ini yaitu satu diantara sambal khas Manado yang lain. Begitu khas, lantaran di buat dari cabe yang digabung dengan ikan roa (semacam ikan terbang) yang terlebih dulu diasap sampai kering sekali. Ikan roa yang digabung dengan cabe itu terlebih dulu ditumbuk jadi begitu halus, lantas dimasak dengan sedikit minyak.

Adonan digabung dengan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam dan gula, lalu ditumis. Sambal roa begitu pas jadi pelengkap saat menyantap tinutuan. Janganlah heran bila sambal roa harga nya lumayan mahal.

5. Woku Blanga

Ini adalah satu diantara langkah orang Manado memproses ikan. Woku blanga sejatinya dimasak didalam belanga yang terbuat dari tanah liat. Woku adalah kombinasi bumbu daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, daun serai, kemangi serta ditambah dengan bumbu-bumbu yang lain hingga beraroma wangi serta bercitrarasa pedas serta merasa fresh.

Sebagian type ikan yang umum di proses jadi masakan woku blanga yaitu ikan kerapu, ikan nila, ikan mas, termasuk juga kepiting serta udang. Anda dapat menjumpai woku blanga di restoran khas Minahasa serta warung-warung makan tradisional.

Salam Admin By Vijay Semoaga Berita Ini Bermanfaat.

Related posts