Mau Cari Kuliner Enak Sewaktu Liburan, Jangan Lupa Cicipi Makanan Khas Gorontalo

Mau Cari Makanan Enak Sewaktu Liburan, Jangan Lupa Cicipi Makanan Khas Gorontalo

Berita Aktual, Berita travel – Ketika sedang berlibur, tentunya bukan hanya tempat wisata yang kita kunjungi namun terkadang kita pastinya juga akan berburu makanan kuliner khas daerah tersebut. Seperti salah satunya seperti makanan khas yang ada di Gorontalo, dimana terletak di utara Pulau Sulawesi.

Untuk Kepala Seksi Kelembagaan Dinas Pariwisata dari Provinsi Gorontalo yakni Citra Tulen mengatakan bahwa didaerah ini sebenarnya menyediakan kue maupun makanan khas Gorontalo yang mana bisa dicicipi oleh wisatawan. Citra menyebutkan ada kue Popaco, Binte Biluhuta, dan Ilabulo.

“Kue Popaco dapat ditemukan biasanya pada pagi. Nah bila sudah menjelang siang sudah habis. Dan ketika memasuki bulan suci Ramadan, atau tepatnya ketika menjelang berbuka puasa, kue ini akan banyak dijumpai di pinggir jalan,” ucap Citra ketika dikonfirmasi pada acara Festival Kuliner Nusantara 2017 di Mal Artha Gading, Jakarta, pada Sabtu (05/08/2017).

Kue Popaco sendiri terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, santan, daun pandan, gula merah, vanili, garam, gula pasir, dan telur. Rasa dari campuran kue ini begitu lezat karena menghadirkan rasa manis yang legit.

“Lalu selain itu ada juga ilabulo. Kuliner tersebut diaduk dari sagu kemudian dicampur ampela dan telur rebus, lalu kemudian dikukus. Illa bunto nantinya akan dimakan dengan binte bilahuta atau juga bisa dimakan sendiri,” ungkapnya.

Binte Biluhuta berasal dari kata ”Binte“ yang berarti jagung, dan ”Biluhuta” yang artinya disiram. Jadi bila digabungkan Binte Biluhuta merupakan Jagung yang disiram.

Bila dilihat sekilas Binte Biluhuta mirip dengan bubur manado, yaitu makanan yang sama-sama berkuah dengan adanya suwiran ikan serta sayur-sayuran. Binte Biluhuta tentunya dapat disantap dengan tambahan sambal. Tentunya jika Anda mencoba jalan-jalan ketempat ini jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Gorontalo. Sungguh nikmat !

Related posts