Mau Tau Apa Saja Jenis Lampu LED dan Fungsinya, Ayo Simak Penjelasannya

Mau Tau apa Saja Jenis Lampu LED dan Fungsinya, Ayo Simak Penjelasannya

Berita Aktual, Berita Otomotif – Tentunya untuk lampu Lampu LED atau tepatnya light emitting diode kini sudah semakin populer belakangan ini. Taukah Anda Lampu jenis ini bukan hanya ada pada mobil standar keluaran yagn ada di pabrik, namun juga sering dipakai sebagai aksesoris aftermarket. Nah mau tau apa saja lah jenis-jenis dari lampu LED dan jug fungsinya.

Berdasarkan penggunaannya, menurut Anggi Subono punggawa yang merupakan spesialis lampu modifikasi Axcel Mod, memaparkan beberapa jenis lampu LED standar beserta peruntukannya sebagai berikut:

1. LED T10
T10 yang memiliki ukuran standart dapat digunakan untuk semua jenis mobil dengan lebar soket 10 mm , biasanya T10 sering digunakan sebagai lampu sign (sein, riting, kedip, dll) kemudian ada juga lampu indikator panel dashboard, lampu senja, dan lampu plat nomor. Pilihannya juga beragam ada 1 mata, 3 mata, 5 mata, 9 mata, 12 mata, 18 mata, dan juga 21 mata. Sedangkan untuk jenis ada beragam diantaranya adalah SMD 5050, SMD 5630, SMD 3528, dan SMD 1210.

2. LED T20
apa itu T20? T20 adalah lampue LED yang berukuran 20 mm dan umumnya diperuntukkan khusus bagi mobil Eropa sebagai lampu sign, mundur, dan juga rem.

3. LED Plafon
Lampu LED Plafon dapat digunakan pada lampu kabin mobil yang tidak membutuhkan pencahayaan yang sangat terang, biasanya fungsinya hanya cukup untuk menerangi sekadar membaca buku ataupun mencari uang receh yang terjatuh.

Standardnya tipe surface mounth device (SMD) dengan karakter pencahayaan yang tipis berwarna putih dan juga terang serta bersih adalah tipe lampu yang paling cocok untuk digunakan. Untuk pasarnya sendiri tersedia beragam pilihan ukuran dan mulai dari yang terkecil yaitu 3×3 LED SMD 5050 sampai yang terbesar 8×3 SMD 5050.

4. Angel Eyes
Dengan menggunakan LED Jenis ini , maka perlu diketahui bahwa jenis LED ini lebih banyak diperuntukan pada modifikasi sebagai sebuah lampu aksesoris warna- warni. Bentuknya yang bulat digunakan untuk mengitari lampu utama mobil dan juga akan menimbulkan garang dan gaya trendi.

5. FloodLight (Lampu Sorot)
Lalu ada juga lampu yang dinamakan dengan Lampu jenis sorot. Lampu ini khusus untuk bagian headlamp. Lampu nya ini sendiri diambil dari jenis High Power LED yang sangat hemat energi dan mampu memberikan warna putih yang terang benderang.

Related posts