Megah Diluar Namun Tidak Mampu Umrahkan Jemaah, Aliran Dana First Travel Masuk Kantong Pribadi

Megah Diluar Namun Tidak Mampu Umrohkan Jemaah, Aliran Dana First Travel Masuk Kantong Pribadi

Berita Aktual, Berita Nasional – Polisi hingga saat ini telah menetapkan 3 orang tersangka dalam dugaan kasus penipuan terhadap calon jemaah umrah oleh PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel). Hingga sekarang aliran dana para calon jemaah umrah yang telah mencapai miliaran rupiah ternyata telah diinvestasikan ke aset pribadi, seperti misalnya mobil serta rumah.

Dari hasil investigasi yang ada, Wakil Ketua Pusat Pelaporan Analisa Keuangan (PPATK) yakni Dian Ediana Rae mengatakan, bahwa aliran dana tersebut diketahui setelah pihaknya melakukan penelusuran atas uang dan juga aset milik bos First Travel tersebut.

“Selain dana tersebut digunakan untuk memberangkatkan sebagian umrah, dana juga digunakan untuk kepentingan pembelian aset pribadi,” ungkap Dian didalam keterangan resminya di Jakarta, pada Minggu (20/08/2017).

baca juga : Polisi Beberkan Utang Bos First Travel Capai Hingga Rp 104 Miliar

Selain itu Dian juga menambahkan, bila langkah menelusuri uang dan juga aset milik bos First Travel merupakan langkah inisiatif dari pihak PPATK yang terkait dengan kasus penipuan yang merugikan ribuan jemaah dan tidak tahu tempat uang setoran umrah ke First Travel.

“Jadi bisa dibilang pasca-kasus ini bergulir, PPATK telah secara proaktif melakukan penelitian terhadap puluhan rekening yang terkait First Travel di beberapa bank yang ada,” pungkasnya.

Seperti yang diketahui, untuk jumlah uang yang tersisa dalam rekening First Travel sekarang ini hanya bersisa Rp 1,3 juta. Padahal, untuk jumlah keseluruhan calon jemaah umrah yang belum di berangkatkan ada sekitar puluhan ribu jemaah.

Untuk bisa mengibuli calon jemaah, biaya perjalanan umrah yang dilakukan oleh First Travel mematok biaya termurah keberangkatan dengan harga di kisaran Rp 14,3 juta. Sedangkan bagi yang termahal masuk dalam paket VIP sebesar Rp 54 juta.

Related posts