Mengapa Gigi Sensitif Bisa Menyerang Tiba-Tiba? Ini Dia Faktornya

Mengapa Gigi Sensitif Bisa Menyerang Tiba-Tiba? Ini Dia Faktornya

Berita Aktual, Berita Kesehatan – Terkadang tidak menampik bila bagi sebagian dari orang memiliki yang namanya jenis gigi sensitif. Mungkin kamu termasuk salah satunya, namun yang pastinya permasalah gigi sensitif yang sering terjadi akan terasa menyebalkan apalagi ketika kamu sedang enak-enaknya menikmati makanan atau minuman dingin. Rasa ngilu pada gigi bisa membuat suasana makan menjadi tidak mood.

Nah umumnya yang sering kita ketahui bila permasalah yang terjadi tersebut lantaran karena saraf gigi. namun tahukan kamu selain itu ada juga faktor lain yang dapat membuat gigimu menjadi sensitif?

1. Sinus
Faktanya bagi mereka yang menderita, sinus dapat mengalami yang namanya gigi sensitif. Hal tersebut dapat saja terjadi karena sinus sebenarnya terletak dekat dengan dasar gigi sehingga ketika sinus mulai kambuh, maka tentunya akan dapat membuat gigi menjadi sensitif, sakit kepala, hingga nyeri rahang.

2. Menstruasi
jangan menyepelekan mengenai masalah menstruasi. Ternyata menstruasi dapat mengubah gigi wanita menjadi sensitif. Hal tersebut dapat disebabkan adanya fluktuasi hormon yang terjadi saat menstruasi.

3. Kehamilan
Selain adanya faktor menstruasi, fluktuasi hormon ketika sedang hamil juga rentan membuat gigi wanita menjadi sensitif. Sehingga akan sangat disarankan bila wanita hamil dapat mengganti pasta giginya khusus untuk perawatan gigi sensitif.

4. Bruxism
Apa itu Bruxism? Bruxism merupakan gigi yang suka bergerak atau yang biasa disebut dengan adanya tabrakan ketika kamu tidur. Hal tersebut bila sering terjadi maka lambat laun email gigi kamu akan perlahan terkikis sehingga tidak heran bila gigi kamu bisa berubah menjadi sensitif.

5. Stres
Faktor stres juga dapat menimbulkan tekanan psikologis yang pada akhirnya akan berdampak pada kesehatan mulutmu, termasuk itu didalamnya masalah mengenai gigi yang bisa menjadi lebih sensitif.

6. Cuaca dingin
Tentunya bagi para pemilik gigi sensitif lebih diwajibkan untuk mewaspadai udara dingin. Hal ini lantaran nyeri atau ngilu akan cepat datang ketika kamu berada pada cuaca yang dingin.

7. Asam lambung
ketika kamu mengalami asam lambung yang naik maka hal tersebut dapat menghilangkan pelindung alami gigi karena adanya kandungan pepsin proteolitik yang ada di dalam asam. Akibatnya gigi pun akan menjadi sensitif.

Related posts