Mengapa Makanan Pendamping Selain ASI Baik Untuk Perkembangan Bayi?

Mengapa Makanan Pendamping Selain ASI Baik Untuk Perkembangan Bayi?

Berita Aktual-Berita Kesehatan, Sering mendengar yang namanya makanan pendamping selain ASI? Ya makanan pendamping dikategorikan makanan baik dalam membantu menstimulasikan motorik halus anak. Kemudian selain itu juga melengkapi nutrisi harian si anak.

Berdasarkan penjelasan dari kesehatan anak yakni Margareta Komalsari mengatakan setidaknya ada sebanyak 30% nutrisi harian bayi yang berusia 8 bulan keatas yang dapat diperoleh dari makanan pendamping selain ASI, tentunya makanan tersebut dapat kita sebut dengan namanya makanan selingan.

Selain mamfaat tersebut, makanan pendamping dapat membantu melengkapi kebutuhan anak dalam melengkapi kemandirian sejak dini. Sebagai orang tua pastinya harus memilih makanan pendamping yang tepat bagi tumbuh kembang si anak seperti memperhatikan dari segi kandungan gizi, tekstur, rasa dan juga jenisnya.

Ketika memasuki usia 7 bulan, bayi akan mulai dalam mengkoordinasikan gerakan motorik halus seperti misalnya meraih, mengambil ataupun memindahkan benda dari satu tangan ketangan yang lain dengan baik serta melakukan genggaman dengan menggunakan jarinya. Periode tersebut menunjukan adanya pergerakan dari perkembangan bayi.

Sehingga pada fase ini, orang tua disarankan agar memberikan stimulasi berupa finger food dengan ukuran serta tekstur yang tepat sebagai makanan pendamping. Bila bisa agar potongan dari makanan dibuat dengan ukuran yang kecil agar dapat meleleh dan memudahkan pencernaan si bayi. Dengan pemberian stimulasi ini, akan berdampak pada perkembangan kemandirian makan dan juga kemampuan memegang alat tulis hingga kemampuan menulis dikemudian hari.

Related posts