Mengenal Arti Istilah Bom Panci Yang Populer Digunakan di Indonesia

Mengenal Arti Istilah Bom Panci Yang Populer Digunakan di Indonesia

Berita Aktual, Berita Nasional – Mengenal yang namanya panci presto atau pressure cooker kini menjadi melambung namanya karena sekarang ini banyak digunakan sebagai wadah didalam mengelola bom. Sesungguhnya apa saja keunggulan panci ini? Mengapa banyak teroris yang menggunakan panci tersebut.

Bom panci kini kembali menjadi pilihan teroris untuk menebarkan rasa takut dikalangan masyarakat. Seperti salah satunya termasuk juga dalam bom bunuh diri di Kampung Melayu. Para peneror bukan hanya sekedar menggunakan yang namanya panci umum yang diambil namun panci bertekanan atau pressure cooker.

Pressure cooker atau yang biasa disebut dengan panci bertekanan ini dipelopori ketika menggunakan merk ‘Presto’. Sehingga kemudian type panci ini dimaksud ‘panci presto’.

Pertama kalinya panci ini diperkenalkan oleh pakar fisika yakni Denis Papin pada tahun 1679. Saat ini bentuk dari panci sudah dibuat dengan simpel karena telah mengalami beragam penyesuaian hingga kini mencapai generasi ketiga.

Pada panci generasi pertama, panci terbuat dari aluminium tidak tipis dengan dilengkapi dengan tutup serta cerobong uap yang besar. Sewaktu air mendidih dalam panci membuat uap panas keluar dari cerobong dan nantinya akan menghasilkan suara yang begitu keras.

Memasuki generasi ke-2 panci dibuat lebih simpel lagi dimana panci diperlengkapi dengan dua katup. Satu katup dapat digunakan untuk melepas uap air dalam panci sehingga tekanan dapat di turunkan. Setelah itu pada generasi ketiga yang dikenalkan pada tahun 90 an, panci dioperasikan dengan menggunakana listrik. Ada timer digital serta tekanan dapat ditata sesuai jenis dan beratnya bahan makanan ketika memasak

Pada prinsipnya panci ini terbuat dari aluminium ataupun stainless steel yang tidak tipis. Disertai dengan adanya karet penyekat atau tidak pada tutupnya. Sedangkan untuk manfaatnya untuk membuat sisi dalam panci menjadi kedap hawa. Air yang dipanaskan berbarengan makanan bakal menghasilkan uap air. Karena ditekan maka uap air dapat mematangkan makanan dengan cepat. Hingga waktu memasak bisa menjadi lebih pendek.

Panci bertekanan ini kerap digunakan dalam melakukan penghematan ketika memasak dalam waktu yang lama. Seperti misalnya waktu ketika memasak rendang, merebus buntut, iga, lidah sampai babat serta kikil sapi. Walaupun demikian ternyata panci ini dapat digunakan untuk memasak sayuran, biji-bijian sampai gudeg serta bubur juga. Karena mempunyai tekanan yang tinggi ketika dipanaskan maka panci ini menjadi ideal untuk dijadikan sebagai wadah bom.

Umumnya bahan bom yang diracik didalam panci, ditutup rapat serta di beri timer dan juga kabel yang berperan sebagai penyulut panas. Didalam panci nantinya akan di isi paku, remukan besi serta potongan logam berat yang lain. Karena apabila ada panas yang masuk disertai dengan tekanan tinggi maka dapat mengakibatkan ledakan menjadi besar serta semua isian panci menjadi remuk yang pada akhinrya akan menjadi serpihan besi kecil.

Related posts