Mengenal Teknologi Dari Turbochager

mengenal-teknologi-dari-urbochager

Berita Aktual, Berita Otomotif Satu diantara langkah untuk bikin mesin mobil keluarkan tenaga serta torsi yang lebih tinggi yaitu dengan memasangkan turbocharger. Terkecuali lebih optimal, pemakaian turbo dapat juga bikin emisi lebih rendah.

Turbocharger diketemukan oleh Alfred Buichi, seseorang insinyur asal Swiss, pada awal era ke-20. Pemakaiannya sampai saat ini makin meluas.

Lalu, apa sesungguhnya turbocharger itu, turbocharger yaitu piranti penambahan yang dipakai untuk mendaur lagi gas buang untuk tingkatkan tenaga mesin.

Turbocharger terbagi dalam tiga sisi paling utama, roda turbin, roda kompresor, serta tempat tinggal as. Roda turbin mengalihkan gas buang yang harusnya mengalir ke muffler. Gas buang ini bakal memutar baling turbin yang tersambung dengan poros kompresor. Kompresor ini bakal tingkatkan desakan hawa lantas mengalirinya ke ruangan bakar.

Dengan cara lebih simpel, turbocharger yaitu alat untuk ” memaksa ” hawa masuk semakin banyak serta papat ke ruangan bakar. Tenaga lebih kuat, emisi dapat juga ditekan.

” Perbandingannya mesin 3 liter 6 silinder bertenaga 240 Tk, setara dengan mesin 2 liter 4 silinder ditambah turbo. Tenaga sama besar, torsi naik 30 %, lebih efektif 25 % serta CO2 turun 20 %, ” tutur Alex Pollack, President PT Honeywell Indonesia, produsen turbocharger paling besar didunia beberapa waktu terakhir.

Tidak heran bila lalu banyak pabrikan yang mengaplikasikannya. Untuk tahu apakah satu mobil diperlengkapi turbo atau tak, tinggal diliat data spesifikasinya. Bila mobilnya bermesin Diesel, jadi keterangannya jadi ” turbodiesel “.

Diluar itu, mesin turbo dapat juga dipasangkan seperti piranti aftermarket yang lain. Harga nya bermacam, bergantung merk serta spesifikasnya.

Tehnologi turbo sendiri selalu berkembang. Saat ini ada yang dimaksud dengan turbo variabel, pengembangan selanjutnya dari turbo fixed. Pada turbo baru ini, bilah turbin dapat beralih sesuai sama putaran mesin, hingga output-nya dapat semakin besar.

Salam Admin By Vijay Semoaga Berita Ini Bermanfaat.

Related posts