Nama Ahok Masuk Dalam Kadidat Calon Gubernur Kaltim

nama-ahok-masuk-dalam-kadidat-calon-gubernur-kaltim

Berita Aktual, Berita Nasional PDIP adalah partai yang mencapai 10 kursi di DPRD Kalimantan Timur (Kalimantan timur). Jumlah ini paling banyak ke-2 sesudah Golkar dengan 13 kursi.

Untuk PDIP, cuma perlu satu kursi lagi untuk dapat mengusung pasangan akan calon gubernur (cagub) serta calon wakil gubernur (cawagub) di Pilgub Kalimantan timur 2018.

Partai moncong putih itu diperkirakan bakal mewarnai tidak sama dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

Terlebih, dalam menimbulkan profil alternatif akan cagub serta cawagub. Tidak tutup peluang PDIP akan mendorong Basuki Tjahaja Purnama dengan kata lain Ahok maju sebagai calon gubernur Kalimantan timur.

Terlebih yang berkaitan sudah purnatugas sebagai gubernur DKI pada Oktober 2017. Disamping itu, menurut gagasan Pilgub Kalimantan timur dihelat Juni 2018.

“Semua mungkin saja. Bila Bu Mega kirim ke Kalimantan timur, mengapa tidak? Namun, masalahnya banyak pula daerah lain yang inginkan, ” tutur Edy Kurniawan, sekretaris Fraksi PDIP PDRD Kalimantan timur.

Sumber terpercaya dari internal PDIP bahkan juga mengemukakan, ada pilihan kader PDIP bekas kepala daerah diluar Kalimantan timur ditampilkan maju pada 2018. Satu diantaranya Eddy Rumpoko (ER), bekas wali kota Batu, Jawa Timur dua periode itu (2007–2017). ER yang mempunyai latar belakang pelaku bisnis juga mempunyai usaha di Kalimantan timur.

Selain itu, yang berkaitan juga mempunyai jejaring pergaulan dengan tokoh pemuda Kalimantan timur, Said Amin. Keduanya keduanya sama tergabung di Pemuda Pancasila.

Masalah itu, Edy tak mengiyakan, tidak juga menyanggah. “Kalau bicara peluang ‘kan mungkin, ” katanya.

Walau sekian, jelas dia, PDIP bakal memprioritaskan kader internal di daerah. Beberapa nama berpeluang. Mulai Emir Moeis, Awang Ferdian Hidayat, Ismael Thomas, Siswadi, dan Dody Rondonuwu. Termasuk juga, sederet nama anggota F-PDIP DPRD Kalimantan timur juga mempunyai kans.

Namun, sampai mengerukutkan satu nama, sistem itu masih tetap panjang. ”Apakah nomor satu atau dua, itu belum ditetapkan. Kami mencermati dinamika. Siap saja nomor satu atau dua, ” kata dia.

Dari saat ke saat, semuanya masih tetap mungkin saja beralih. Cuma, kurun waktu dekat, DPD PDIP Kalimantan timur bakal mulai buka penjaringan serta penyaringan akan cagub serta cawagub.

Sebelumnya itu, lebih dahulu bakal membuat tim yang direncanakan pada awal Mei.

Partai garapan Megawati Soekarno Putri itu tidak cemas dengan langkah politik yang termasuk agak sedikit lambat di banding parpol lain. Sesudah kekalahan Ahok di Pilkada DKI, PDIP semakin solid. Banyak pengalaman yang dipetik pengurus Kalimantan timur.

“Militansi, muruah, perjuangan, serta semangat terbangun. Modal itu jadikan satu diantara amunisi sebagai penentu atau pewarna Pilgub Kalimantan timur, ” ucap legislator daerah penentuan Samarinda itu.

Hingga selama ini, orang-orang Kalimantan timur belum disuguhi profil alternatif dalam Pilgub Kalimantan timur. Ungkapan ‘itu-itu saja’ memberi warna bursa calon akan calon gubernur (cagub).

Mengenai profil yang berpeluang maju, yaitu Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar. Selain itu, Isran Noor, bekas bupati Kutai Timur.

Salam Admin By Vijay Semoaga Berita Ini Bermanfaat.

Related posts