Nikmati Keindahan Hamparan Kulit Kerang di Pesisir Shell Beach Australia

Nikmati Keindahan Hamparan Kulit Kerang di Pesisir Shell Beach Australia

Berita Aktual, Berita travel – Tentunya bila Anda sedang merencanakan untuk liburan maka tidak ada salahnya memilih Australia tepatnya disalah satu wilayah pantai yang bias disebut dengan Shell Beach. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang biasa menjadi kebanggaan dari orang Australia. Meskipun di Texas juga ada Shell Beach, namun untuk pantai yang satu ini lebih terkenal dengan keindahan dan keunikannya hingga ke mancanegara. Tepatnya pasir pantai Shell Beach yang unik yang mana menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Shell Beach sendiri merupakan bagian dari Shark Bay World Heritage Area. Untuk daerah ini letaknya sekitar 45 km di bagian Tenggara Denham. Pantainya juga terlihat putih bersih seperti salju. Bisa dibilang lebih putih daripada pasir pantai mana pun yang ada. Namun apabila Anda memperhatikan secara seksama, ternyata pasirnya tersusun dari jutaan kulit kerang Hamelin loh.

Kulit kerang terbentang tersebut, menutupi area pantai sejauh 60 kilometer, sampai kedalaman 7 meter. Dan ini adalah satu dari dua pantai yang ada di dunia yang mana tertutup kulit kerang seluruhnya.

Dengan melimpahnya kerang di Shell Beach, hal ini kemungkinan disebabkan karena salinitas yang tinggi. Tentunya spesies kerang berkembang biak menjadi tidak terkendali karena predator alaminya sendiri tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Cangkang kerang yang telah mati lantas membentuk batu kapur yang dikenal sebagai coquina.

Dulu coquina yang ada di Shell Beach dieksploitasi secara besar-besaran untuk material bangunan. Namun untuk saat sekarang ini Shark Bay sudah menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Sehingga pantai kulit kerang Shell Beach pun tak lagi terjamah oleh para penambang.

Related posts