Pemerintah Akan Bangun Infrastruktur Indonesia Dengan Dana Haji, Begini Syarat Dari MUI

Pemerintah Akan Bangun Infrastruktur Indonesia Dengan Dana Haji, Begini Syarat Dari MUI

Berita Aktual, Berita Nasional – Merujuk pada niat pemerintah terkait dengan adanya rencana dalam menggunakan dana haji untuk berinvestasi seperti salah satunya infrastruktur jalan hingga pelabuhan, membuat Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin angkat bicara.

Ma’ruf sendiri berpendapat bahwa investasi atas infrastruktur dengan menggunakan dana haji boleh saja digunakan dalam menyelenggarakan kemajuan dari pembangunan Indonesia asalkan harus memenuhi dua syarat utama.

Seperti yang diketahui bahwa dana haji yang terkumpulkan saat ini telah mencapai Rp 90 triliun dan tentunya jumlah ini mampu dalam melakukan investasi dengan sistem syariah.

Terkait akan hal tersebut, Ma’ruf akhirnya mengeluarkan syarat dimana yang pertama adalah investasi tersebut bisa dijamin keamanannya, sehingga investasi tersebut tidak berpotensi dalam menyebabkan kerugian.

“Itu semua bisa untuk investasi apabila yang dikerjakan memang bersifat aman. Jadi tidak ada masalah dan sah saja,” imbuh Ma’ruf, di Yogyakarta, pada Sabtu (28/07/2017) malam.

Lalu kemudian syarat yang kedua, menurut Ma’ruf adalah investasi tersebut harus memang benar sesuai dengan ketentuan syariah, yaitu investasi yang dilakukan harus bebas dari unsur-unsur riba.

“Dana tersebut kan selama ini memang diletakan di bank-bank syariah dan disimpan menjadi Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), dan sudah ada badan yang mengelolanya juga,” ucap dirinya.

Selain dari dua syarat tersebut, Ma’ruf juga menjelaskan bila dana haji untuk investasi harus sudah melewati persetujuan dari badan pengelola dana haji. Badan pengelola inilah yang nantinya akan mengatur penggunaan investasi jenis apa saja yang dianggap aman.

“Badan ini yang nanti memberikan ketetapan. Sehingga Secara garis besarnya, dana haji jika akan digunakan untuk investasi maka harus aman dan sesuai syariah,” tegas Ma’ruf

Related posts