Pemilihan Roof Box Yang Kurang Tepat Dapat Mengakibatkan Borosnya BBM

Pemilihan Roof Box Yang Kurang Tepat Dapat Mengakibatkan Borosnya BBM

Berita Aktual, Berita Otomotif – Nah ternyata borosnya BBM juga bisa dikarenakan adanya pemasangan roof box pada atap mobil yang secara sembarangan. Alhasil roof box malah menjadi faktor pemakaian bensin yang cenderung lebih boros. Seperti halnya yang telah diungkapkan oleh salah satu Senior Instruktur Driving dari Indonesian Road Safety Agent (IRSA) yakni Poedyo Santosa.

Perlu diketahui sebelum memasang roof box disarankan agar pemilik mobil lebih memperhatikan model, kapasitas, ketebalan, dan juga dudukan. Poedyo atau yang lebih akrab disapa Ipung menjelaskan bila roof box dengan aerodinamis yang baik bisa berdampak kepada kestabilan mobil.

“Pemilihan roof box dengan aerodinamis yg baik ternyata membuat cengkeraman kendaraan jauh lebih baik sehingga kendaraan menjadi lebih stabil walaupun yang namanya penambahan pemakaian BBM tidak dapat dihindarkan,” ungkap Ipung menjelaskan.

Kemudian kapasitas roof box juga wajib disesuaikan dengan ukuran dari mobil. Apabila mobil yang Anda miliki berukuran kecil maka perlu diingat jangan sampai memilih roof box berukuran besar karena tentunya tidak akan ideal, namun Ipung juga menyarankan agar pada mobil yang kecil untuk tidak dipasangkan roof box. Selain itu ketebalan dari roof box juga perlu diperhatikan, semakin tebal dan dan tingginya kendaraan, maka akan semakin besar pula tahanan angin, yang akhirnya akan menimbulkan penggunaan bensin yang boros.

“Gunakan yang tidak terlalu tebal, tipis didepan dan sedikit menggelembung dibelakangnya,” ucap Poedyo.

Mengenai dudukan roof box juga menjadi salah satu pertimbangan yang penting juga karena dudukan harus kuat tidak boleh asal dibuat saja.

“Jangan mecoba melakukan perubahan dudukan roof box karena dapat berakibat fatal, seperti terlepasnya roof box, pemasangan yang tidak baik dapat mengakibatkan timbul suara karena angin yang lewat terjepit,” ungkapnya.

Related posts