Pertamina Siap Pasok dan Jual BBM Standar EURO 4 Per Bulan Agustus

Pertamina Siap Pasok dan Jual BBM Standar EURO 4 Per Bulan Agustus

Berita Aktual, Berita Otomotif – Sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh PT Pertamina (Persero), pihak mereka akan segera mulai menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sesuai dengan standar Euro 4 pada bulan Agustus ini. BBM ini telah sukses diproduksi dari fasilitas pengelolaan minyak (kilang) di Balongan, Indramayu, Jawa Barat dan Dumai, Riau.

“Untuk pihak Pertamina di Agustus ini akan segera meluncurkan Pertamax Turbo dengan low sulfur yang kompatibel sesuai dengan standar Euro 4,” ucap Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina yakni Gigih Wahyu Hari Irianto, di GIIAS 2017, pada Kamis (10/08/2017).

Selain itu Gigih juga mengatakan bahwa produk ini nantinya akan diproduksi untuk menjawab tantangan dari Kementerian Lingkungan Hidup. Selain menurunkan Pertamax Turbo, BBM yang kompatibel dengan Euro 4, juga Pertamina Dex. Namun dirinya tidak menyebut bila Pertamina Dex juga akan mulai diperkenalkan bulan ini.

Melalui Peraturan dari Menteri Lingkungan Hidup dan juga Kehutanan No. 20/2017 tentang Penerapan Baku Mutu Emisi Kendaraan yang ditanda tangani pada 10 Maret lalu, telah ditetapkan bahwa standar Euro 4 akan mulai diberlakukan pada 2018 nanti secara bertahap.

Untuk kendaraan bermotor berbahan bakar bensin tipe baru dan yang sedang diproduksi, pemberlakuan Euro 4 akan berlaku mulai 10 Oktober 2018. Sedangkan untuk kendaraan bermotor berbahan bakar Diesel tipe baru dan yang sedang diproduksi baru akan mulai dipakai standar barunya pada 10 Maret 2021.

Nantinya sewaktu kebijakan ini sudah berlaku penuh, maka tentunya jenis bahan bakar tertentu dengan menggunakan kualitas rendah seperti misalnya Premium akan dihapus sepenuhnya dari peredaran.

Namun yang pastinya kedua jenis BBM tersebut tidak akan dijual merata, melainkan akan dipasarkan ke seluruh wilayah yang terdapat di Terminal BBM dan Stasiun‎ Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang memang diketahui sudah melayani penjualan Pertamax Turbo dan Pertamina Dex terlebih dulu.

Seperti BBM yang dibuat di kilang Balongan nantinya aakan melayani wilayah Jawa, Bali dan juga Kalimantan. Sementara untuk Kilang Dumai akan melayani wilayah pemasaran yang ada di Sumatera.

Related posts