Pesan Djarot Jangan Khawatir Selama Masih Menjabat, Lurah Nakal Akan Ditindaklanjuti

Pesan Djarot Jangan Khawatir Selama Masih Menjabat, Lurah Nakal Akan Ditindaklanjuti

Berita Aktual, Berita Nasional – Ketika dijumpai di Pondok Pesantren Al-Tsaqafah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (05/05/2017), Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat setuju dalam mendukung tindakan yang dilakukan oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk langsung memecat lurah yang diduga telah mempersulit para warga. Djarot mengatakan bahwa selama dirinya dan juga Ahok masih menjabat tentunya mereka tidak akan membiarkan para lurah bertindak sesukanya, bukan hanya itu Djarot juga menegaskan akan siap untuk menindak secara tegas para oknum lurah yang terbilang ‘nakal’.

“Selama kami masih menjabat tentunya para oknum yang nakal ini akan kita copot dan tindak secara tegas,” ungkap Djarot.

Bukan hanya mempersulit para warga, Djarot juga mengatakan apabila nantinya ada lurah yang melakukan pemunggutan liar, seperti misalnya kasus Lurah yang di pegadungan beberapa waktu lalu, maka ya harus langsung dipecat. Mengapa? karena memang seperti itulah yang terbaik, bila dibiarkan saja maka yang lain akan ikut mencontoh dan tidak ada rasa takutnya yang pada akhinrya akan terus menggulangi hal yang sama.

“Kalau terbukti di masa kepemimpinan kita, maka pastinya akan kita berhentikan. Seperti kemarin kan sudah salah satu lurah pungli di Pegadungan, Jakarta Barat, ya sudah kita copot,” ungkapnya.

Adapun Ukuran tindakan yang dilarang yaitu sudah cukup jelas terperinci yaitu pungli dan juga korupsi sikat habis, karena pada dasarnya tindakan pungli itu sendiri merupakan bagian dari korupsi. Selain itu untuk penilaian atas kinerja juga bisa dinilai lewat Key Performance Indicator, ucap Djarot menambahkan.

“Kita juga tentunya memiliki Key Performance Indicator (KPI) yang dinilai dari situ, dan dilihat dari situ kita nanti akan lihat dengan TKD (Tunjangan Kerja Dinamis),” lanjut Djarot.

Djarot juga berpesan walaupun masa jabatan hanya tinggal beberapa bulan lagi , Djarot memastikan agar masyarakat tidak khawatir karena mereka tidak akan mengubah aturan soal pelanggaran ini. Jadi tidak ada toleransi bagi lurah yang memang tidak kompeten dan tidak mau bekerja sesuai tanggung jawabnya.

“Seperti biasanya dengan sisa masa jabatan kita lima tahun kalau dianya ketahuan di zaman kita ya akan kita tindak tegas, langsung dicopot dan kita gantikan,” tegasnya.

Djarot sendiri juga tidak terlalu banyak memusingkan siapa nantinya pengganti dari lurah-lurah yang dipecat olehnya atau Ahok. Secara teknis, Djarot akan akan melakukan pengajuan calon lurah pengganti kepada Mendagri.

“Yang pastinya kita akan minta pertimbangan dan rekomendasi kepada Mendagri kemudian segera mengganti posisi dari lurah yang sudah dicopot tersebut,” tambah Djarot menjelaskan.

Related posts