Pulau Kakaban di Kaltim Hadirkan Keindahan Alam Bawah Laut Dengan Ubur-Ubur Tanpa Sengat

Pulau Kakaban di Kaltim Hadirkan Keindahan Alam Bawah Laut Dengan Ubur-Ubur Tanpa Sengat

Berita Aktual, Berita travel – Pulau Kakaban memang merupakan salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Apabilia kamu memiliki kesempatan untuk berlibur ke Kalimantan Timur, maka tidak ada salahnya bila Anda wajib mampir ke Pulau yang memiliki keindahan alam yang masih asli.

Kakaban sendiri menduduki posisi ke empat setelah Derawan, Maratua, dan juga Sangalaki sebagai pulau yang terluas di Kepulauan Derawan.

Di sini kamu dapat menyaksikan hal istimewa yang sulit untuk ditemukan pada pulau lainnya.

Hal istimewa yang dapat Anda temukan pada pulau ini yaitu dengan adanya keberadaan ubur-ubur tanpa sengat yang ada di Danau Kakaban. Ubur-ubur tanpa sengat hanya dapat dijumpai pada tempat ini atau di Pulau Palau, bagian Kepulauan Mikronesia, Samudra Pasifik.

Apabila dibandingkan dengan Danau Ubur-Ubur di Palau, Danau Kakaban lebih diunggulkan karena setidaknya memiliki dua keistimewaan. Untuk yang pertama adalah dari segi ukuran, Danau Kakaban juga diperkirakan lebih luas daripada Danau Ubur-Ubur yang ada di Palau. Luasnya pun sendiri dapat mencapai 390 ha dengan kedalaman maksimalnya 11 meter.

Dan kemudian yang kedua, pada Danau Kakaban memiliki aneka ragam jenis ubur-ubur. Palau telah dikenal mempunyai satu jenis ubur-ubur tanpa sengat, yakni Mastigias yang mana lebh populer dengan sebutan nama golden jellyfish alias ubur-ubur emas.

Sementara itu pada Pulau Kakaban, setidaknya ada 4 jenis ubur-ubur tanpa sengat yang mana bersarang di Danau Kakaban.

Dengan adanya keistimewaan yang dimiliki, alhasil kini Danau Kakaban bukan hanya cuma menjadi destinasi wisata oleh para turis. Para peneliti pun biasanya suka mendatangi daerah yang termasuk kawasan Kampung Ekowisata Payung-payung tersebut.

Untuk jarak tempuh waktu dari Pulau Derawan menuju ke Pulau Kakaban bisa sampai memakan waktu sekitar 1 – 1.5 jam apabila menggunakan speedboat.

Nah jika Anda posisinya dari Jakarta dan ingin berkunjung ke Pulau Kakaban yang indah ini, maka Anda dapat mencari penerbangan ke Tarakan langsung, Kalimantan Utara.

Pada penerbangan ini akan ada namanya dua jalur alternatif penerbangan: yang pertama adalah langsung ke Tarakan atau transit terlebih dahulu di Balikpapan. Kemudian dari Tarakan, kamu mesti melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal cepat menuju Pulau Derawan yang memakan waktu kurang lebih 3 – 4 Jam.

Selain itu, ada juga satu alternatif lagi, yakni jalur penerbangan langsung ke Berau, Kalimantan Timur. Dari sini, kamu dapat menyewa kapal cepat menuju ke Pulau Derawan dengan waktu tempuh tidak sampai 30 menit.

 

Related posts