Ragu Kualitas Kelegalan Produk Yang Dibeli, Pantau Dengan Aplikasi CekBPOM

Ragu Kualitas Kelegalan Produk Yang Dibeli, Pantau Dengan Aplikasi CekBPOM

Berita Aktual-Berita Lifestyle, Untuk saat ini sangat banyak sekali yang namanya makanan dan juga obat-obatan yang beredar di masyarakat namun kehadiran makanan tersebut menjadi diragukan karena banyak juga beredar produk palsu yang tidak memiliki izin. Lalu bagaimana cara untuk menyikapinya?

Sebenarnya ada alternatif cara yang tepat saat ini untuk mengecek kualitas serta legalitas produk yang akan dibeli, apakah memang sudah terdaftar pada BMPO atau belum, caranya Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan ponsel pintar Android.

Untuk langkahnya sendiri cukup gampang, Anda hanya tinggal perlu melakukan pengunduhan aplikasi ‘cekBMPO’ di Playstore. Sangat disarankan agar Anda mengunduh dengan aplikasi logo BMPO sebagai salah satu aplikasi resmi dan jangan menggunakan aplikasi lain, karena ditakutkan nanti idak mampu mendeteksi secara efektif. Ungkap Syamsul Arifin yang merupakan staf pengawasan obat dan makanan serta farmasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga di Kecamatan Bobotsari, Purbalingga, pada Kamis, (08/06/2017).

Adapun langkah tersebut dilakukan yaitu sebagai antisipasi dalam memastikan bahwa produk makanan, obat-obatan serta kosmetik yang sekarang beredar di masyarakat umum aman untuk digunakan.

Berdasarkan penuturan dari Syamsul bahwa suatu produk yang legal nantinya akan muncul nama produk, masa berlaku, merk, kemasan, nama pendaftar serta nama perusahaan yang memproduksi. Sedangkan untuk produk yang tidak terdaftar akan muncul kalimat keterangan yakni produk yang anda cari dan tidak dapat ditemukan atau bisa juga muncul keterangan berupa belum terdaftar.

Dalam suatu produk akan muncul beberapa kode yang tertera seperti salah satunya kode MD untuk makanan yang ada didalam negeri. Kemudian ada juga ML yang merupakan makanan yang ada diluar negeri yang mana sudah teregistrasi oleh BMPO sedangakn untuk produk kosmetik menggunakan kode NA sedangkan bagi obat tradisional akan muncul kode TR, ucap Syamsul.

Lalu bagi produk makanan dan obat-obatan yang diproduksi menggunakan usaha kecil menengah akan tercatat dengan nomor P-IRT (perusahaan Industri Rumah Tangga) dan perihal mengenai izin Dinkes setempat tidak akan muncul datanya pada apliasi apabila belum terdaftar ke BMPO.

Related posts