Selain Membungkus Makanan, Mau Tau Manfaat Lain Aluminium Foil, Yuk Simak Ulasannya

Selain Membungkus Makanan, Mau Tau Manfaat Lain Aluminium Foil, Yuk Simak Ulasannya

Berita Aktual-Berita Lifestyle, Pastinya AndA sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini yakni kertas silver yang bernama aluminium foil. Benda ini umumnya digunakan sebagai salah satu pembungkus makanan agar tetap terjaga kehangatannya.

Alumunium foil sendiri merupakan sebuah bahan berupa lembaran logam aluminium yang padat serta juga tipis. Namun, apakah Anda tahu bahwa aluminium foil memiliki beragam manfaat selain fungsinya yang sebagai pembungkus makanan? Nah berikut ini beberapa manfaat dari Aluminium Foil yang jarang diketahui diantaranya :

1. Sebagai Penahan Panas
Sewaktu siang hari, suhu yang ada di dalam bangunan ataupun rumah seringkali terasa lebih panas. Hal ini biasanya disebabkan adanya perpindahan panas radiasi dari sinar matahari yang diterima oleh atap yang kemudian diteruskan ke bawah bagian plafon (langit-langit) rumah.

Tentunya Anda dapat memasang aluminium foil untuk bisa memblokade sebagian besar panas di bawah atap bangunan. Namun perlu diingat juga agar tidak lupa untuk tetap memasang ventilasi yang memadai bagi sirlukasi yang ada pada atap.

2. Melindungi dari Kebocoran
Alumunium foil juga terbuat dari bahan yang kuat, elastis, serta tahan air maupun freon sehingga tentunya sangat aman dan ramah lingkungan. Selain diketahui memiliki kepraktisan dalam pemasangannya, Aluminium foil apabila dipasang pada rangka ataupun aluminium foil akan berfungsi sebagai pelindung dari yang namanya kebocoran akibat tampias air hujan atau embun. Selain itu foil juga dapat membuat plafon tetap bersih dan bebas dari yang namanya debu.

3. Pelindung Perabotan
Ketika Anda sedang mengecat dinding yang ada dirumah, Anda tentunya harus melindungi berbagai perabotan seperti meja, kursi, hiasan vas bunga, dan bahkan gagang pintu rumah agar tidak terkena yang namanya cipratan cat.

Anda dapat menggunakan aluminium foil untuk membungkusnya, sebagai cara yang mudah dibentuk dan pastinya menjaga perabotan di rumah sehingga tidak mudah kotor.

4. Alas Perabotan
Apabila Anda berencana untuk mengubah tata letak atau memindahkan perabotan yang ada, sebaikknya perhatikan lantai karena umumnya perabotan yang berat seperti lemari akan membuat lecet lantai rumah.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya yaitu dengan memberikan aluminium foil di bagian bawah perabotan sehingga ketika digeser tidak akan merusak lantai rumah Anda.

5. Merawat Pakaian
Taukah bila baju yang memiliki sablon biasanya akan membuat Anda kesulitan ketika menyetrikanya. Agar tidak lengket akibat panas yang diberikan, berilah alas di atas sablonan baju yang berupa aluminium foil ketika menyetrikanya.

Selain itu baju yang memiliki sablon, pakaian berbahan sutra, wool, dan bahan lain yang terlihat mudah kusut juga dapat memanfaatkan aluminium foil agar lebih mudah sewaktu Anda menyetrikanya.

6. Sebagai Cetakan Kue

Ketika Anda membuat kue, Anda tidak perlu lagi harus menghabiskan uang untuk membeli cetakannya. Gunakan kertas alumunium foil yang sudah dibentuk (biasanya dalam bentuk kerucut).

Anda juga dapat memanfaatkan foil ketika membuat kue pai dengan cara meletakkan di atas loyang agar bagian pinggirannya tidak menjadi gosong.

7. Mempertajam Gunting
Untuk yang terakhir ini, manfaat terakhir yang mungkin Anda tidak ketahui adalah alumunium foil sendiri dapat digunakan untuk gunting yang tumpul. Caranya pun mudah, cukup hanya dengan memotong kertas alumunium oil secara berkali-kali hingga gunting sudah kembali tajam.

Related posts