Selain Mengandung Banyak Protein, Ikan Juga Hasilkan Vitamin D

Selain Mengandung Banyak Protein, Ikan Juga Hasilkan Vitamin D

Berita Aktual, Berita Kesehatan, Pada salah satu studi baru dijelaskan bahwa ikan memiliki manfaat lain selain kaya akan protein. Dari hasil data riset terbaru disebutkan dengan rutin mengkonsumsi ikan setidaknya dua kali akan jauh lebih efektif dalam meningkatkan kadar vitamin D yang ada di dalam tubuh.

Seperti haknya yang dilansir dari laman Medicalnewstoday, pada Rabu (29/11/2017), periset dari Universitas Surrey yang ada di Inggris telah berhasil dalam membuktikan, bila vitamin D2 dan D3 tidak memiliki nilai gizi yang sama. Selain itu mereka juga ingin mengetahui lebih detail nutrisi mana yang meningkatkan kadar vitamin D yang ada pada tubuh dengan sangat efektif.

Oleh karenanya para peneliti mengukur kadar vitamin D pada 335 wanita Asia Selatan dan Eropa selama dua periode musim dingin yang ada. Mereka mencoba melakukan riset dengan meemilih musim dingin karena kurangnya paparan sinar matahari, sehingga kadar vitamin D cenderung lebih rendah saat ini.

Untuk para wanita dibagi menjadi lima kelompok mereka diantaranya ada yang mengonsumsi vitamin D2 dalam biskuit; Mereka yang mengonsumsi vitamin D3 dalam biskuit; Mereka yang mengkonsumsi vitamin D2 dalam minuman jus; Mereka yang mengkonsumsi vitamin D3 dalam jus; dan mereka yang menerima plasebo.

“Ternyata dari hasil tersebut ditemukan bila para peserta yang menerima D3 mengalami peningkatan kadar vitamin D sebesar 74 persen. Sedangkan bagi kelompok plasebo mengalami penurunan 25 persen sepanjang periode yang sama,” tulis keterangan dari para peneliti.

Penulis utama yakni Dr. Laura Tripkovic mengungkapkan bila Vitamin D3 tentunya bisa didapat dari makanan seperti misalnya saja ikan dan juga telur. Sedangkan D2 bisa didapat dari jamur, dan juga roti yang diperkaya dengan vitamin D2, ataupun dapat juga suplemen yang mengandung vitamin D2.

Mengenali Apa fungsi Dari Vitamin D

Perlu diketahui bahwa yang namanya vitamin D sangatlah diperlukan pada tubuh manusia, dimana vitamin D sendiri merupakan nutrisi vital yang dapat membantu usus dalam melakukan penyerapan kalsium yang juga sekaligus dapat menjaga kalsium dan fosfat pada konsentrasi yang tepat untuk mendukung pertumbuhan dan juga perawatan tulang yang sehat.
Tentunya tanpa adanya kadar yang cukup dalam tubuh, maka tulang bisa saja menjadi menjadi rapuh dan menjadi tidak terbentuk secara sempurna.

Selain itu tingkat vitamin D yang rendah juga telah dikaitkan dengan adanya berbagai kondisi kesehatan yang lain seperti penyakit kardiovaskular dan kanker.

Related posts