Simak Cara Tepat Kurangi Pembengkakan Pada Kaki Selama Kehamilan

Simak Cara Tepat Kurangi Pembengkakan Pada Kaki Selama Kehamilan

Berita Aktual, Berita Kesehatan, Sejatinya yang namanya bagi seorang ibui hamil tentunya akan mengalami yang namanya pembengkakan pada sekujur tubuh termasuk itu pada bagian kaki selama proses kehamilan. Hal ini dianggap lumrah karena pada tubuh ibu hamil akan terjadi kelebihan cairan yang nantinya terkumpul di jaringan tubuh. Dimana akan ada yang namanya perubahan kimiawi pada darah yang juga menyebabkan perpindahan cairan ke jaringan tubuh yang ada.

Selain itu, rahim yang semakin membesar akan memberi tekanan pada vena pelvis dan juga vena cava (pembuluh darah besar di sisi kanan tubuh yang membawa darah dari anggota tubuh bagian bawah kembali ke jantung). Tekanan semacam ini mampu memperlambat kembalinya darah dari kaki. Alhasil nantinya akan menyebabkan cairan yang berkumpul dari pembuluh darah ke jaringan kaki dan juga pada pergelangan kaki.

Hal itu jugalah mengapa wanita hamil cenderung mengalami edema selama trimester ketiga. Kondisi ini akan lebih buruk bagi wanita dengan adanya cairan ketuban yang berlebihan atau pada seorang ibu yang hamil anak kembar. Edema juga cenderung akan semakin memburuk pada siang hari dan juga selama musim panas.

Anda perlu waspada apabila bengkak menjalar pada area wajah dan juga disekitar tangan. Apabila diperlukan, anda dapat memeriksakannya kepada pihak dokter ataupun bidan agar dapat segera dintangani lebih lanjut.

Meskipun Anda sudah melahirkan dan pembengkakan akan menhilang seiring waktu namun tentunya selalu akan ada cara yang dapat dilakukan untuk bisa mengurangi pembengkakan selama kehamilan.

Adapun yang pertama, Anda dapat mengurangi pembengkakan dengan cara berbaring miring untuk nantinya mengurangi tekanan pada pembuluh darah Anda.

Dan kemudian berikut ini juga ada beberapa tips untuk bisa mengurangi pembengkakan pada tubuh seperti yang telah dikutip dari Babycenter yakni diantaranya sebagai berikut ini :

1. Tinggikan kaki.
Sewaktu di tempat kerja, sanggahkan kaki anda dengan bangku atau setumpuk buku di bawah meja Anda.

2. Kemudian anda juga jangan menyilangkan kaki atau pergelangan kaki sambil duduk.

3. Sering melakukan perenggangan pada kaki ketika anda sedang duduk.
Dimana anda dapat mengangkat kaki dan kemudian meluruskan kaki dengan cara yang lembut untuk meregangkan otot betis anda. Lalu setelah itu anda dapat memutar pergelangan kaki dan juga gerakkan jari-jari kaki anda.

4. Istirahat teratur dari duduk atau berdiri.
Dengan sering berjalan singkat, tentunya akan membuat darah anda lebih normal karena tidak terkumpul di satu titik di bagian awah saja.

5. Anda juga disarankan untuk menggunakan sepatu yang nyaman.

6. Kemudian anda jangan memakai kaus kaki atau kaus kaki yang memiliki ikatan yang ketat di sekitar pergelangan kaki atau betis.

7. Anda juga dapat menggunakan stoking bersalin pinggang tinggi.
Lepaskan sebelum Anda bangun dari tempat tidur pada pagi harinya agar darah tidak memiliki kesempatan untuk bisa berkumpul di sekitar pergelangan kaki Anda.

8. Minum banyak air.
Selain itu anda juga disarankan untuk minum minimal delapan gelas air sehari atau minuman hidrasi lainnya setiap hari (Anda dikatakan sehat apabila urine Anda terlihat kuning pucat atau bening).

9. Berolahraga secara teratur.
Dengan melakukan kegiatan seperti misalnya berjalan kaki, berenang, dan juga senam hamil merupakan pilihan yang baik. Atau cobalah kelas aerobik air – berendam dalam air dapat mengurangi pembengkakan sementara, terutama jika Anda berendam sampai ke bahu Anda.

10. Yang terakhir adalah konsumsi makanan sehat dan juga batasi junk food.

Related posts